Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian & Identitas Nasional


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
     Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. (UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1);
       Kewarganegaraan adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara. (Undang-Undang RI No.12 Tahun 2006 Pasal 1 Ayat 2).
       Pendidikan kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. (Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003, Penjelasan Pasal 37);
       Menurut M. Nu’man Somantri (2001):
Pendidikan Kewarganegaraan adalah program pendidikan yang berintikan demokrasi politik yang diperluas dengan sumber-sumber pengetahuan lainnya, pengaruh-pengaruh positif dari pendidikan sekolah, masyarakat, dan orang tua, yang kesemuanya itu diproses guna melatih para siswa untuk berpikir kritis, analitis, bersikap dan bertindak demokratis dalam mempersiapkan hidup demokratis yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
     Secara historis, PKn di Indonesia awalnya diselenggarakan oleh organisasi pergerakan yang bertujuan untuk membangun rasa kebangsaaan dan cita-cita Indonesia merdeka. Secara sosiologis, PKn Indonesia dilakukan pada tataran sosial kultural oleh para pemimpin di masyarakat yang mengajak untuk mencintai tanah air dan bangsa Indonesia. Secara politis, PKn Indonesia lahir karena tuntutan konstitusi atau UUD 1945 dan sejumlah kebijakan Pemerintah yang berkuasa sesuai dengan masanya.

URGENSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
     Tujuan pendidikan kewarganegaraan di mana pun umumnya bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik (good citizen);
    Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 37 Ayat (1) huruf b yang menyatakan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat pendidikan kewarganegaraan. Demikian pula pada ayat (2) huruf b dinyatakan bahwa kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat pendidikan kewarganegaraan. Bahkan dalam UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi lebih eksplisit dan tegas dengan menyatakan nama mata kuliah kewarganegaraan sebagai mata kuliah wajib;
       Dikatakan bahwa mata kuliah kewarganegaraan adalah pendidikan yang mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika untuk membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

DINAMIKA PERUBAHAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
   Pendidikan Kewarganegaraan senantiasa menghadapi dinamika perubahan dalam sistem ketatanegaraan dan pemerintahan serta tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara;
       Era globalisasi yang ditandai oleh perkembangan yang begitu cepat dalam bidang teknologi informasi mengakibatkan perubahan dalam semua tatanan kehidupan termasuk perilaku warga negara, utamanya peserta didik. Kecenderungan perilaku warga negara ada dua, yakni perilaku positif dan negatif. PKn perlu mendorong warga negara agar mampu memanfaatkan pengaruh positif perkembangan IPTEK untuk membangun negara-bangsa. Sebaliknya PKn perlu melakukan intervensi terhadap perilaku negatif warga negara yang cenderung negatif. Oleh karena itu, kurikulum PKn termasuk materi, metode, dan sistem evaluasinya harus selalu disesuaikan dengan perkembangan IPTEK;
   PKn Indonesia untuk masa depan sangat ditentukan oleh pandangan bangsa Indonesia, eksistensi konstitusi negara, dan tuntutan dinamika perkembangan bangsa.

PKn SEBAGAI MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK)
       MPK adalah suatu program pendidikan nilai yang dilaksanakan melalui proses pembelajaran di Perguruan Tinggi dan berfungsi sebagai model pengembangan jati diri dan kepribadian para mahasiswa, bertujuan membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, dan mandiri, serta mempunyai rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
       Searah dengan perubahan pendidikan ke masa depan dan dinamika internal bangsa Indonesia, program pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi harus mampu mencapai tujuan:
a.   Mengembangkan sikap dan perilaku kewarganegaraan yang mengapresiasi nilai-nilai moral-etika dan religius;
b.   Menjadi warganegara yang cerdas berkarakter, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan;
c.    Menumbuhkembangkan jiwa dan semangat nasionalisme, dan rasa cinta pada tanah air;
d.   Mengembangkan sikap demokratik berkeadaban dan bertanggungjawab, serta mengembangkan kemampuan kompetitif bangsa di era globalisasi;
e.   Menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan.

IDENTITAS NASIONAL
    Identitas nasional dibentuk oleh dua kata dasar, ialah “identitas” dan “nasional”. identitas berasal dari bahasa Inggris identity yang secara harfiah berarti jati diri, ciri-ciri, atau tanda-tanda yang melekat pada seseorang atau sesuatu sehingga mampu membedakannya dengan yang lain. Istilah “nasional” menunjuk pada kelompok-kelompok persekutuan hidup manusia yang lebih besar dari sekedar pengelompokan berdasar ras, agama, budaya, bahasa, dan sebagainya;
       Dalam konteks pendidikan kewarganegaraan, identitas nasional lebih dekat dengan arti jati diri yakni ciri-ciri atau karakteristik, perasaan atau keyakinan tentang kebangsaan yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain;
       Identitas nasional sebagai identitas bersama suatu bangsa dapat dibentuk oleh beberapa faktor yang meliputi: primordial, sakral, tokoh, bhinneka tunggal ika, sejarah, perkembangan ekonomi dan kelembagaan.

IDENTITAS NASIONAL INDONESIA
       Identitas nasional Indonesia menunjuk pada identitas-identitas yang sifatnya nasional, bersifat buatan karena dibentuk dan disepakati dan sekunder karena sebelumnya sudah terdapat identitas kesukubangsaan dalam diri bangsa Indonesia.
    Identitas nasional sangat penting bagi bangsa Indonesia karena (1) bangsa Indonesia dapat dibedakan dan sekaligus dikenal oleh bangsa lain; (2) identitas nasional bagi sebuah negara-bangsa sangat penting bagi kelangsungan hidup negara-bangsa tersebut karena dapat mempersatukan negara-bangsa; dan (3) identitas nasional penting bagi kewibawaan negara dan bangsa Indonesia sebagai ciri khas bangsa
    Bendera Negara Indonesia, Bahasa Negara, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan merupakan identitas nasional bagi negara-bangsa Indonesia yang telah diatur lebih lanjut dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.
       Pembentukan identitas nasional melalui pengembangan kebudayaan Indonesia telah dilakukan jauh sebelum kemerdekaan, yakni melalui kongres kebudayaan 1918 dan Kongres bahasa Indonesia I tahun 1938 di Solo. Peristiwa-peristiwa yang terkait dengan kebudayaan dan kebahasaan melalui kongres telah memberikan pengaruh positif terhadap pembangunan jati diri dan atau identitas nasional.
   Secara historis, identitas nasional Indonesia ditandai ketika munculnya kesadaran rakyat Indonesia sebagai bangsa yang sedang dijajah oleh bangsa asing pada tahun 1908 yang dikenal dengan masa Kebangkitan Nasional (Bangsa);
     Secara sosiologis, identitas nasional telah terbentuk dalam proses interaksi, komunikasi, dan persinggungan budaya secara alamiah baik melalui perjalanan panjang menuju Indonesia merdeka maupun melalui pembentukan intensif pasca kemerdekaan;
    Secara politis, bentuk identitas nasional Indonesia menjadi penciri atau pembangun jati diri bangsa Indonesia yang meliputi bendera negara Sang Merah Putih, bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional atau bahasa negara, lambang negara Garuda Pancasila, dan lagu kebangsaan Indonesia Raya;
    Warisan jenius yang tidak ternilai harganya dari para the founding fathers adalah Pancasila. Pancasila sebagai identitas nasional tidak hanya bersifat fisik seperti simbol atau lambang tetapi merupakan cerminan identitas bangsa dalam wujud psikis (nonfisik), yakni yang mencerminkan watak dan perilaku manusia Indonesia sehingga dapat dibedakan dengan bangsa lain.

PANCASILA SEBAGAI NILAI DASAR PKn UNTUK BERKARYA BAGI LULUSAN Perguruan Tinggi (PT)
Pengertian nilai dasar harus difahami bahwa nilai-nilai Pancasila harus dijadikan sebagai pedoman dan sumber orientasi pengembangan kekaryaan setiap lulusan PT. Peran nilai-nilai dalam setiap Sila Pancasila adalah sebagai berikut:
1.       Nilai Ketuhanan dalam Sila Ketuhanan YME:
melengkapi ilmu pengetahuan menciptakan perimbangan antara yang rasional dan irasional, antara rasa dan akal. Sila ini menempatkan manusia dalam alam sebagai bagiannya dan bukan pusatnya;
2.       Nilai Kemanusiaan dalam Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab:
memberi arah dan mengendalikan ilmu pengetahuan. Pengembangan ilmu harus didasarkan pada tujuan awal ditemukan ilmu atau fungsinya semula, yaitu untuk mencerdaskan, mensejahterakan, dan memartabatkan manusia, ilmu tidak hanya untuk kelompok, lapisan tertentu;
3.       Nilai Persatuan dalam Sila Persatuan Indonesia:
mengkomplementasikan universalisme dalam sila-sila yang lain, sehingga supra sistem tidak mengabaikan sistem dan sub sistem. Solidaritas dalam subsistem sangat penting untuk kelangsungan keseluruhan individualitas, tetapi tidak mengganggu integrasi;
4.       Nilai Kerakyatan dalam Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan:
mengimbangi otodinamika ilmu pengetahuan dan teknologi berevolusi sendiri dengan leluasa. Eksperimentasi penerapan dan penyebaran ilmu pengetahuan harus demokratis dapat dimusyawarahkan secara perwakilan, sejak dari kebijakan, penelitian sampai penerapan masal. Nilai Kerakyatan dalam Sila 4 ini esensinya adalah menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi yang berkeadaban;
5.       Nilai Keadilan dalam Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia:  
menekankan ketiga keadilan Aristoteles: keadilan   distributif, keadilan kontributif, dan keadilan komutatif. Keadilan sosial juga menjaga keseimbangan antara kepentingan individu dan masyarakat, karena kepentingan individu tidak boleh terinjak oleh kepentingan semu. Individualitas merupakan landasan yang memungkinkan timbulnya kreativitas dan inovasi.


Sumber: https://drive.google.com/open?id=13-6_QbPnWPld4Ag2U-pIwU9JmOEag9Dc

Komentar

  1. Saling menjunjung tinggi rasa persatuan dalam bekerjasama di manapun kita di tempatkan, menghargai pendapat dan berusaha meluruskan setiap masalah yang berlaku.
    ELANG SAMUDERA

    BalasHapus
  2. Kebudayaan kemampuan manusia sebagai makhluk sosial. Maka dari itu budaya merupakan salah satu identitas Nasional yang dipakai saat ini. Dari segi teknologi maupun non teknologi

    BalasHapus
  3. Kebudayaan kemampuan manusia sebagai makhluk sosial. Maka dari itu budaya merupakan salah satu identitas Nasional yang dipakai saat ini. Dari segi teknologi maupun non teknologi

    BalasHapus
  4. melahirkan warga negara yang memiliki wawasan kebangsaan dan bernegara, serta nasionalisme yang tinggi dan melahirkan warga negara yang memiliki komitmen kuat terhadap nilai-nilai HAM dan demokrasi, serta berpikir kritis terhadap permasalahannya

    BalasHapus
  5. Ikut serta dalam pengembangan daerah untuk mendukung bisnis 4.0

    BalasHapus
  6. CATUR JUNIAWAN


    ikut serta dalam perkembangan ekonomi dimasyarakat,dan mengembangkan kepribadian dan identitas nasional dengan cara memberikan pengertian cara mengembangkan kepribadian dan identitas nasional

    BalasHapus
  7. Contohnya kita mempelajari pendidikan kewarganegaraan, agar kita tau apa itu menunjung tinggi persatuan bangsa indonesia, bukan itu juga, sekaligus kita paham atau mendalami sejarah dll. Intinya agar kita minimal paham terhadap negara kita, dan sekaligus mempelajari identitas kita terhadap bangsa. BOGAS AHYAA SUTDZATRA

    BalasHapus
  8. ENGGAR SAWANG SARI
    Menurut saya, pkn sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian untuk mewujudkan kepribadian yang baik secara apa yg tercantum di pkn dan pkn sebagai identitas nasional untuk pengembangan rakyat indonesia yang berjiwa nasionalisme dan berkependudukan indonesia yg seluruh warganya mengakui bahwa dia berbangsa indonesia.

    BalasHapus
  9. Laelatul Amalia Putri Utami
    Menurut saya dalam pengembangan kepribadian dan identitas nasional yg didasari pendidikan kewarganegaraan pada masyarakat yaitu dengan berpartisipasi dalam pengembangan masyarakat yang maju dengan berlandaskan ketatanegaraan. Memajukan perekonomian masyarakat dengan usaha mandiri dan tidak bergantung pada lapangan kerja dari orang lain.

    BalasHapus

  10. Penerapan yang di dasari PKn adalah sikap toleransi terhadap masyarakat yang memiliki identitas lain, mampu membaur dengan berbagai kalangan dr berbagai profesi pendidikan atau apapun sebagai pengembangan diri.
    Nama ; zulfikar abdul latief.

    BalasHapus
  11. ya menurut saya nantinya sebagai mahasiswa manajemen akan bersikap kepribadian yakni bertanggung jawab bagi masyarakat dan berusaha semaksikal mungkin di identitas nasional berguna bagi masyarakat luas contohnya kewarganegaraan dalam perkuliahan disiplin mengikuti kelas sekian dan terimakasih.
    Nama : Faisal Jabar
    Prodi : Manajemen

    BalasHapus
  12. Bukti nyata dalam penerapan keilmuan di PT didasari pendidikan kewarganegaraan yaitu sebagai generasi penerus yang bertujuan agar menjadi warga negara yg berpikir tajam dan sadar mengenai hak dan kewajiban dalam hidup bermasyarakat dan bernegara, menjadi warga negara dunia yang cerdas.

    BalasHapus
  13. Bukti nyata dalam penerapan keilmuan di PT didasari pendidikan kewarganegaraan yaitu sebagai generasi penerus yang bertujuan agar menjadi warga negara yg berpikir tajam dan sadar mengenai hak dan kewajiban dalam hidup bermasyarakat dan bernegara, menjadi warga negara dunia yang cerdas.

    BalasHapus
  14. Ikut berkontribusi dalam pembangunan bangsa dalam bidangnya dengan memanfaatkan ilmu yang didapat dari universitas
    Daan membagi ilmu pada masyrakat luas untuk sdm yang lebih baik

    BalasHapus
  15. Menurut sayaa.. bukti nyata PKn dalam masyarakat terutmaa dalam pengembangan diri xan identitas nasional adalah. Membuat kepribadian yang baik, membuat kita bisa memahami tentang satu kesatuan sebagai warga negara. Perbedaan tidak hanya sebuah konflik yg selalu melekat tetapi menyelesaikan sebuah konflik dalam masyarakat tsb. Karena sudah paham tentang Pendidikan Kewarganegaraan. Untuk mengaplikasikannya bisa dalam kehidupan sehari2 tentang ketuhanan, kerakyatan, keadilan, kesejahteraan, dan bisa sebagai pedoman dalam kehidupan di masyarakat.

    -endah'lestari

    BalasHapus
  16. Menjujung tinggi toleransi akan perbedaan agama,budaya dll,yang ada di masyarakat agar antar warga bisa hidup rukun dan damai

    BalasHapus
  17. Raden Agung Darma Putra

    Wajib mengikuti Pendidikan Bela Negara sebagai syarat melamar pekerjaan

    BalasHapus
  18. Menurut saya Mita Mawarni
    Peranan seorang mahasiswa adalah dengan memperteguh penanaman nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, para generasi muda sekarang harus dapat bersatu dan damai walaupun berbeda agama, suku, dan budaya. Dapat berpikir Rasional. Karena masa depan di kehidupan bermasyarakat sangatlah bergantung pada generasi muda yang terdidik

    BalasHapus
  19. Menjujung tinggi toleransi akan perbedaan agama,budaya dll,yang ada di masyarakat agar antar warga bisa hidup rukun dan damai

    BalasHapus
  20. Menurut saya ilmu yang didapat pada PT (Manajemen). Untuk masyarakat yaitu selain bisa mendapatkan bidang kewirausahaan , kita bisa membangun lapangan kerja untuk masyarakat yang kurang mampun(masih menganggur). Dengan demikian kami mahasiswa dapat membantu pihak pemerintah untuk mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia. Dengan demikian bangsa Indonesia akan lebih maju baik dari segi ekonomi maupun segi sumber daya alamnya.
    INDONESIA TERCINTA

    BalasHapus
  21. Dengan ilmu yang saya peroleh, saya berniat untuk mengaplikasikan kepada masyarakat dengan tujuan agar ilmu yang saya peroleh bermanfaat bagi sesama, agar menjadi masyarakat yang unggul dalam segala hal.

    BalasHapus
  22. Nama: yuliana
    Nim: 01901021
    Menurut saya nilai pengembangan kepribadian dan identitas nasional yang perlu dan wajib semua di terapkan di masyarakat tapi sebagai mahasiswa harus memberi penjelasan yang baik dan benar. Selain itu harus tetap menjaga tata krama. boleh mempunyai sifat kritik tapi juga harus mau mendapat kritik dan masukan dari orang lain.

    BalasHapus
  23. Alifia Leni Widiyanti
    Menurut saya, Hidup dalam masyarakat yang berbudaya, kita harus turut meneruskan tradisi dalam menjaga persatuan agar selalu tercipta kedamaian dalam masyarakat. Hal itu dapat kita lakukan dengan terus menjunjung tinggi toleransi serta keadilan sosial.

    BalasHapus
  24. Bisa mengubah presepsi masyarakat untuk lebih bisa menghargai perbedaan, menggerakkan masyarakat untuk memajukan kesejahteraan dan kerukunan bersama. Tetap menjaga sistem gotong royong dan budaya-budaya yang ada sebagai identitas masyarakat tersebut.
    Aprilia agil pristian

    BalasHapus
  25. OKI Dwi prasetyani
    Mendorong dan menggerakkan masyarakat agar ikut serta kegiatan dilingkungan sekitar dengan menambahkan rasa cinta tanah air dan rasa cinta kebangsaan

    BalasHapus
  26. Dari:zena novwinda
    Prodi:manajemen
    Menurut saya dengan ilmu Manajemen yang kita miliki,kita bisa membuka lapangan kerja dan menjunjung tinggi nilai toleransi...

    BalasHapus
  27. Nama:margianto
    Prodi. Manajemen
    Bukti nyata pada masyarakat antara lain dpt diwujudkan melalui cinta tanah air, bela negara, menjaga kerukunan , persatuan dan kesatuan antar sesama. Serta ikut partisipasi dalam kegiatan peringatan hari besar negara RI seperti peringatan hari kemerdekaan, sumpah pemuda dll.

    BalasHapus
  28. Yuki Intania Roshela
    Sebagai Mahasiswa Manajemen saya akan mengaplikasikan ilmu saya kepada masyarakat dengan cara memberi semangat arahan untuk mencapai apa yang dicita-citakan dan memberi pengetahuan kepada masyarakat untuk memanajemen dirinya dengan baik, dengan itu masyarakat akan mempunyai motivasi berprestasi dan semangat dalam bekerja keras, bukan hanya itu saya akan membentuk tata krama yang baik dalam bermasyarakat.

    BalasHapus
  29. Nama : Ananda Masulia
    NIM : 01901079
    Prodi : Manajemen
    Menurut saya selaku mahasiswa manajemen yaitu dengan membangun dunia kewirausahawan kepada masyarakat sesuai nilai-nilai yang ada dalam Pancasila dan menerapkan pengembangan kepribadian dan identitas nasional

    BalasHapus
  30. Nama:M.Tsaqif.Fadhlurrahman
    Dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara kita tentu mengerti akan perbedaan yang terkandung didalamnya baik agama, ras, suku,bahasa dsb. Oleh karena itu, kita diajarkan untuk selalu menjunjung tinggi toleransi akan perbedaan -perbedaan yang ada.

    BalasHapus
  31. Menunurut saya PKN berperan sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian atau seperti aturan dalam kehidupan bermasyarakat di indonesia yang menyangkut UUD 1945,
    Salah satu contoh nyata yang di dasari PKN adalah Rasa Toleransi dan Kebebasan Berpendapat.
    -Fajar Rindang P.

    BalasHapus
  32. Aldi pratama putra


    Bukti nyata dalam penerapan keilmuan di PT pada masyarakat didasari pendidikan kewarganegaraan yaitu sebagai mahasiswa saya ingin memberi arah dan mengendalikan ilmu harus didasari pada tujuan dan fungsi awal yaitu untuk mencerdaskan,dan memartabatkan masyarakat

    BalasHapus
  33. Nama : Dewi yuliantika
    Bukti nyata pada masyarakat dalam keilmuan manajemen sesuai dengan pengembangan kepribadian dan identitas nasional yaitu kita mampu memanajemen waktu untuk bergaul, waktu untuk ikut serta dalam kegiatan masyarakat, berprilaku yang baik dengan masyarakat, dan membuat rencana-rencana yang sesuai dengan nilai budaya masyarakat setempat.

    BalasHapus
  34. Nama : Melinda
    Parodi : Informatika
    Menurut saya Mengembangkan sikap demokratik berkeadaban dan bertanggungjawab, serta mengembangkan kemampuan kompetitif bangsa di era globalisasi

    BalasHapus
  35. Bukti nyata pada masyarakat dalam informatika sesuai dengan PKn yakni melayani ,memberikan pelayanan atau informasi yang baik dan benar dengan nilai profesionalisme.

    BalasHapus
  36. Zakariyya Al Mufarid
    .
    .
    Dalam keilmuan Teknik Mesin bukti nyata pada masyarakat adalah kita bisa berinovasi untuk mengembangkan teknologi yang berimbas kepada kesejahteraan Masyarakat, salah satunya adalah teknologi pesawat terbang, dengan adanya teknologi tersebut kita jadi bisa lebih mengenal saudara kita yang berbeda suku dan kebudayaan, jadi bisa mempererat persaudaraan dan membuktikan bahwa mereka juga bagian dari identitas Nasional atau Warga Negara Indonesia.

    BalasHapus
  37. Ade Firmansyah

    Pendidikan kewarganegaraan mengajarkan kita untuk menjadikan Pancasila menjadi pondasi kita sebagai warga negara dalam berperilaku dan kita harus terapkan dalam kehidupan kita.

    BalasHapus
  38. Nurul Holifah
    Menurut saya bukti nyata penerapan Keilmuan di Perguruan Tinggi kepada masyarakat bisa ditunjukan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan bermasyarakat dan bernegara dengan cara menghormati orang yang lebih tua dan menghargai teman sebaya dan yang lebih muda, tidak membedakan-bedakan manusia berdasarkan suku, agama, warna kulit, tingkat ekonomi maupun pendidikan, cinta tanah air dan menjaga nama baik bangsa indonesia.

    BalasHapus

  39. Menurut saya bukti nyata Pendidikan kewarganegaraan adalah bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa dalam berbangsa dan bernegara, meningkatkan keyakinan mahasiswa akan ketangguhan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia.

    BalasHapus
  40. Nama: Sekar asih mulyani
    Prodi: agribisnis
    Menurut saya bukti nyata pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat yaitu bisa ditunjukan dengan menjunjung nilai nilai kehidupan berbangsa dan bernegara dengan cara menghormati satu sama lain meskipun berbeda suku, ras dan budaya serta bahasa

    BalasHapus
  41. Nama:vidan putrika
    Menurut saya bukti nyata pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat adalah dapat menerapkan nilai etika yang sopan dan baik,dan selalu mengembangakan rasa kekeluargaan.

    BalasHapus
  42. Bukti nyata pendidikan kewarganegaraan bisa ditunjukan dengan menjunjung nilai kemanusiaan dan mengembangkan kemampuan bersaing diera globalisasi

    BalasHapus
  43. Nama saya okta piani,prodi akuntansi menurut saya penerapan mata kuliah pkn di kalangan masyarakat masih blm terlaksana dengan baik,contohnya:perang antar suku, masyarakat masih melecehkan antar umat beragama,korupsi,penculikan,dan tindakan kriminal.terima kasih

    BalasHapus
  44. Rani Kurniati

    Dengan adanya pendidikan ini (PKn) dapat membuat para mahasiswa lebih memahami tentang rasa cinta tanah air, toleransi, perbedaan kebudayaaan yg beragam namun tetap menghormati, menambah rasa untuk lebih memperlihatkan identitas nasional di dunia luar serta hal-hal yg menyangkut kepancasilaan sebagai dasar dan bhineka tunggal ika, untuk tetap di junjung tinggi dan di jaga keharmonisan antar umat beragama.

    BalasHapus
  45. Nama : Ika Siti Fatimah
    NIM : 01902006
    Prodi : Akuntansi
    Menurut saya, bukti nyata pada masyarakat dalam penerapan ilmu akuntansi sesuai dengan pengembangan kepribadian dan identitas nasional yaitu dengan cara meningkatkan perekonomian masyarakat seperti memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana cara untuk meningkatkan taraf ekonomi, memberikan bantuan dana kepada masyarakat tingkat bawah dan membimbing serta membina masyarakat untuk membuat atau mengembangkan usaha kecil menengah melalui program dana UKM.

    BalasHapus
  46. Nama : Selwiani
    Prodi : Informatika

    Tanggapan saya tentang bukti nyata kepada masyarakat dalam pengembangan keilmuan di Perguruan Tinggi yang didasari Pendidikan Kewarganegaraan sebagai mata kuliah Pengembangan Kepribadian & Identitas Negara adalah :
    1. Belajar tentang demokrasi, kebebasan mengemukakan pendapat, namun seringkali hal ini
    belum terlaksana dengan baik.
    2. Toleransi antar umat beragama, ini juga belum sepenuhnya terlaksana dengan baik.

    BalasHapus
  47. Dwimas Noviyanto Widodo
    Menurut saya,dengan adanya pendidikan semacam ini, mahasiswa bisa berpikir kritis mengenai isu nasional dan internasional. Diharapkan, mahasiswa menjadi agent of change atau agen pembaharuan yang mendorong perubahan sosial dan ekonomi secara terencana.

    BalasHapus
  48. Menurut saya PKn sebagai Mata Kuliah Pengembangan dan Identitas Nasional untuk para mahasiswa adalah menjadikan mahasiswa berfikir kritis dan lebih mencintai negara persatuan indonesia
    "Hubbul Wathan Minal Iman "
    -Mencintai negara sebagian dari Iman-

    BalasHapus
  49. Nama: Nur Istiqomah
    NIM : 01905026
    Prodi : Informatika

    Menurut saya penerapan PKn sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian dan Identitas Nasional untuk para mahasiswa khususnya mahasiswa dijurusan Informatika adalah Ikut serta dalam mengembangkan revolusi industri 4.0 dengan berlandaskan Pancasila sebagai sarana untuk memperluas wawasan,menghindarkan diri dari bullying,perundungan,penyebaran ujaran kebencian antar warga negara yang dapat menimbulkan perpecahan, serta melakukan pemerataan dalam pengenalan teknologi informasi kepada masyarakat luas agar warga Indonesia tidak buta Internet.

    BalasHapus
  50. Tanggapan saya tentang bukti nyata pada masyarakat dalam penerapan keilmuan di Perguruan Tinggi yang didasari Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian & Identitas Nasional adalah membantu menyukseskan program pemerintah tentang pengembangan Revolusi Industri 4.0 dengan memeratakan teknologi khususnya jaringan internet yang seharusnya bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia apalagi untuk Indonesia bagian Timur demi terwujudnya Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, sehingga tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang gagap teknologi 'gaptek' dan tertinggal di zaman yang serba canggih.

    RIZQY AKBAR RAMADHAN
    INFORMATIKA

    BalasHapus
  51. Bukti nyata masyarakat menurut saya yaitu masyarakat baik individu maupun kelompok dapat menciptakan inovasi di bidang apapun, lalu mulai menggerakkan inovasi tersebut, mengelolanya hingga menjadi hal yang bermanfaat bagi masyarakat dengan harapan inovasi tersebut dapat membuka lapangan pekerjaan yang baru sehingga menurunkan angka pengangguran dan meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.

    BalasHapus
  52. Dengan belajar mengenai demokrasi, diharapkan mahasiswa bisa menjadi sosok penerus bangsa yang demokratis dan cinta damai, sehingga tujuan demokrasi pancasila di Indonesia bisa tercapai.

    BalasHapus
  53. Hal yang ingin saya lakukan setelah mendapat ilmu dari perguruan tinggi yang didasari Pendidikan kewarganegaraan (Pkn) yaitu lebih menanamkan sikap toleransi baik dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kemudian dalam menentukan keputusan harus benar benar berfikir secara matang , berfikir rasional dengan mempertimbangkan rasa dan akal serta dampak dari keputusan tersebut.
    Berusaha Me-manajemen diri sendiri untuk berhati hati dalam segala ucapan dan tindakan.

    BalasHapus
  54. Bukti nyata masyarakat yang didasari pendidikan kewarganegaraan menurut saya adalah dengan menerapkannya budaya musyawarah dan mufakat dalam kehidupan bermasyarakat,
    Srihatun hasanah

    BalasHapus
  55. Mohon ijin menjawb
    nama:ALAYAT PRIUTOMO
    Menurut pendapat saya bukti nyata sebagai mahasiswa harus mampu memberikan contoh yang baik di lingkungan masyarakat salah satu conntohnya ketika masuk rumah harus ketuk pintu dan beri salam, ketika dalm bekerja , ketika perbapasan dengan orang harus menyapa, berikut merupakan salah satu bukti nyata dalam kehidupan berbangsa ,bernegara dan ber agama
    pada intinya harus menjunjung tingnggi 4(empat) pilar kebangsaan indonesia.
    supaya menciptakan individu yang mempunyai ke arifan lokal berwawasan global sehingga mampu mengembangkan inovasi dalam dunia teknologi yang bisa bermanfaat terutama bagi diri sediri dan masyarakat.
    terimakasih

    BalasHapus
  56. Menjunjung tinggi sikap toleran,tanggung jawab,tenggang rasa dan kemanusiaan yang mrnjadi kepribadian & identitas nasional. Dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, entah itu dilingkungan internal maupun eksternal.
    Desi Fitria Romadoni
    Prodi Manajemen

    BalasHapus
  57. Menjunjung tinggi bahasa persatuan, sikap dan tingkah laku, karena Indonesia terkenal dengan masyarakatnya yang sangat ramah

    BalasHapus
  58. Dengan belajar mengenai demokrasi, diharapkan mahasiswa bisa menjadi sosok penerus bangsa yang demokratis dan cinta damai, sehingga tujuan demokrasi pancasila di Indonesia bisa tercapai.

    Lulu Alfiatun Anjani

    BalasHapus
  59. Menurut saya bukti nyata pada masyarakat penerapan keilmuan di perguruan tinggi yang di dasari pendidikan kewarganegaraan sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian dan identitas nadional adalah mengajarkan kepada anak-anak penerus bangsa dari(SD-SMA) Untuk menghafalkan pancasila dan lagu indonesia raya .

    nama:Amirul imam rifki
    prodi:Agribisnis

    BalasHapus
  60. Menurut saya PKN dalam PT sangat bermanfaat untuk para mahasiswa agar dapat mempelajari lbih dalam apa itu rasa nasionalisme dalam berbangsa dan bernegara
    (Tri Sundari)

    BalasHapus
  61. Menurut saya PKN dalam PT sangat bermanfaat untuk para mahasiswa agar dapat mempelajari lbih dalam apa itu rasa nasionalisme dalam berbangsa dan bernegara
    (Tri Sundari)

    BalasHapus
  62. Nama : Shela Saputri
    "mampu hidup berdampingan dengan antar umat beragama"

    BalasHapus
  63. Menurut saya pendidikan kewarganegaraan sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian itu penting, misalnya mampu berpikir kritis, rasional dan kreatif dan bertanggung jawab dalam menanggapi persoalan hidup maupun isu kewarganegaraan dinegara kita indonesia, dan menjunjung tinggi nilai nilai kebangsaan indonesia

    BalasHapus
  64. Memperluas wawasan sebagai warga negara yang baik

    BalasHapus
  65. Nama: Lutfia Hapsari
    Apa bukti nyata pada masyarakat dalam penerapan pendidikan kewarganegaraan yaitu dengan ikut serta di dalam kegiatan masyarakat dengan memberikan contoh perilaku yang demokratis yaitu seperti menerima kritikan dari orang lain dengan lapang dada,menghargai pendapat dari orang lain dan menyampaikan pendapat secara bijaksana untuk mendapatkan hasil yang diharapkan untuk kepentingan bersama.

    BalasHapus
  66. Nama : harufah Danu ry
    Prodi : informatika
    Menurut saya salah satu contoh dari bukti penerapan pendidikan Pancasila adalah mudahnya akses untuk masyarakat agar lebih tau dan uptodate dalam hal informasi dan pengetahuan tentang topik topik hangat perbincangan di media sosial yang bertemakan ideologi bangsa yaitu Pancasila secara terbuka

    BalasHapus
  67. Nama:Marina Farmawati
    Prodi:Manajemen
    Menurut saya, bukti nyata pada masyarakat dalam penerapan ilmu manajemen yang didasari pendidikan kewarganegaraan yaitu dengan meningkatkan perekonomian seperti membuka lapangan usaha yang mandiri dan memberikan peluang kerja kepada orang lain dengan didasarkan sikap toleransi, berkeadilan, tanggung jawab dan bijaksana tanpa membeda-bedakan yang lain.

    BalasHapus
  68. Menurut saya pkn itu sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat terutama untuk membentuk kepribadian agar menjadi lebih baik, pandai bersosialisasi, dan memiliki sikap toleransi yg tinggi. Selain itu dengan kita belajar pkn identitas nasional juga harus tetap dijunjung tinggi entah kapanpun dan dimanapun kita berada

    BalasHapus
  69. Memahami mata kuliah Pendidikan
    Kewarganegaaraan adalah salah satu upaya
    untuk membangkitkan kembali semangat
    kebangsaan generasi muda, khususnya
    mahasiswa dalam menghadapi pengaruh
    globalisasi dan mengukuhkan semangat bela
    negara. Tujuannya adalah untuk memupuk
    kesadaran cinta tanah air, mengetahui
    tentang hak dan kewajiban dalam usaha
    pembelaan negara, serta menjaga persatuan
    dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhinneka
    Tunggal Ika.

    BalasHapus
  70. Nama : Habib Surya Pawitra
    Prodi :Manajemen

    menjunjung tinggi toleransi akan perbedaan -- perbedaan yang ada agar seluruh warga negara dapat hidup rukun dan damai.

    BalasHapus
  71. Bukti nyata masyarakat pada pendidikan kewarganegaraan adalah dengan mematuhi peraturan lalu lintas dan mamahami perbedaan dalam beragama, menghormati agama orang lain.

    Intan Fatmawati

    BalasHapus
  72. Menurut saya Dalam kehidupan bermasyarakat kita tentu mengerti akan perbedaan yang terkandung didalamnya baik agama, ras, suku, dsb. Oleh karena itu, kita diajarkan untuk selalu menjunjung tinggi toleransi akan perbedaan -- perbedaan yang ada agar seluruh warga negara dapat hidup rukun dan damai.
    Hidup dalam masyarakat yang berbudaya kita harus turun meneruskan tradisi dalam menjaga persatuan.
    Pada akhir nya pendidikan kewarganegaraan dapat menjadi sumber pengetahuan akan bagaimana seharusnya kita berperilaku sebagai warga negara yang baik

    Nama: oki widi astuti
    Prodi.: manajemen

    BalasHapus
  73. Nama : Siska Dwi Saputri
    Menurut saya bukti nyata penerapan pendidikan kewarganegaraan pada masyarakat yaitu untuk membangun kesadaran untuk tetap membela Indonesia, slalu mengenang jasa pahlawan, dan tidak berbuat yang dapat merugikan diri sendiri atau merugikan NKRI.

    BalasHapus
  74. menurut saya pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan yang mencakup segala hal yang berkaitan dengan berbangsa dan bernegara. Pendidikan ini juga berfungsi sebagai wadah bagi beberapa disiplin ilmu yang ada diantaranya hukum, sejarah, politik, dan juga sosial.
    pendidikan kewarganegaraan ini ilmu pengetahuan yang sangat penting tentang bagaimana kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. Pendidikan ini dapat mendorong kita pada perilaku disiplin sopan bermoral dalam berbangsa dan bernegara


    Dewa Ade Saputra
    Teknik Mesin

    BalasHapus
  75. Mohon ijin
    Nama : Desta Akbar
    Prodi : Akuntansi
    Menurut pendapat saya, ketika kita mampu bersosial dengan baik di masyarakat serta berbagi ilmu yang didapat kepada masyarakat luas serta masyarakat tau bahwa sebagai Warga Negara Indonesia harus memiliki identitas yaitu KTP dan juga masyarakat tau apa si yang menjadi dasar-dasar negara yang mampu menyatukan tanpa menghilangkan perbedaan di NKRI ini.

    BalasHapus
  76. alfiatun nur fitria
    bentuk nyatanya : mentaati peraturan yg berlaku, saling menghormati antar manusia.

    BalasHapus
  77. Bukti nyata pada masyarakat dalam menerapkan ilmu PKn sebagai pengembangan kepribadian dan identitas nasional menurut saya yaitu *mengakui bahasa Indonesia sebagai bahasa satu persatuan walaupun banyak bahasa lain , dan
    *Kita juga memiliki semboyan Bina Ika tunggal Ika(Bhineka tunggal Ika)
    masyarakat menerapkannya melalui perilaku toleransi terhadap perbedaan yg kita miliki di negara Indonesia.
    Dan masih bnyak lagi ��
    Maaf apabila ada kalimat yang kurang enak untuk dibaca/tidak sopan.
    Terimakasih.��

    BalasHapus
  78. Nama : Deni
    Prodi : Agribisnis
    " Berbeda-beda tapi tetap satu tujuan "

    BalasHapus
  79. Menurut saya mata kuliah pendidikan kewarganegaraan adalah untuk membangkitkan semangat membela bangsa bagi generasi muda dalam menghadapi pengaruh era globalisasi Dan tujuan Dari itu adalah untuk menjaga kesatuan, persatuan, Dan keutuhan Negara indonesia seta toleransi antar perbedaan yang ada di bangsa indonesia

    Muslimah
    Akuntansi

    BalasHapus
  80. Senti nististiani
    Menurut pendapat saya bukti nyata penerapan Pendidikan Kewarganegaran terhadap pengembangan kepribadian dan identitas nasional sangatlah penting, karena dapat mengajarkan kita tentang rasa memiliki, rasa cinta tanah air, yang tercemin tingkah laku kita, kepribadian kita yang baik sebagai anak muda yang berdasarkan Pancasila

    BalasHapus
  81. Fitri Nur Rohmah
    Bukti nyata pada masyarakat dalam penerapan ilmu pkn sebagai kepribadian dan identitas nasional menurut saya yaitu mampu berfikir secara rasional dengan artian dalam menyelesaikan sebuah masalah harus berdasarkan pemikiran dan bertindak dengan pertimbangan yang logis, kemudian mampu menerapkan sikap demokratis dan kritis untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas sesuai dengan norma sosial dan nilai nilai pancasila

    BalasHapus
  82. siti rodiyah
    Bukti nyata pada masyarakat dalam penerapan keilmuan di perguruan tinggi yang didasari PKn ,sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian dan identitas Nasional...
    Menurut saya bukti nyata dari pernyataan diatas adalah "rasa saling menghormati yang lebih tua dan menyayangi sesama makhluk Tuhan ,yang dimana rasa hormat sering terbengkalai dengan adanya hal baru di lingkungan sekitar ,sehingga melupakan rasa toleransi ,nasionalis didalam jiwa pemuda bangsa.

    BalasHapus
  83. Menurut saya, dalam pengembangan kepribadian dan identitas nasional yang didasari pendidikan kewarganegaraan pada masyarakat dengan cara menjunjung tinggi sikap toleran, tanggung jawab, tenggang rasa dan kemanusiaan dan berkepribadian dan identitas nasional, serta ikut serta dalam mengembangkan dan memajukan perekonomian daerah terutama dikalangan masyarakat.
    Siti Nur Janah
    Manajemen

    BalasHapus
  84. Oktavia Nur Annisa
    Bukti nyata pada masyarakat dalam penerapan keilmuan diperguruan tinggi yang di dasari pendidikan kewarganegaraan menerut saya sangat bagus karena pendidikan kewarganegaraan harus memperhatikan pengembangan nilai nilai pancasila, moral dan sikap prilaku yang memberikan rasa kebangsaan dan cinta kepada tanah air sesuai dengan pancasila dan UUD 1945. Dengan adanya pendidikan kewarganegaraan kita juga bisa menjunjung tinggi sikap toleran, tanggung jawab.

    BalasHapus
  85. Maitsa Nafi'ah
    Hidup dalam masyarakat yang berbudaya, kita harus turut meneruskan tradisi dalam menjaga persatuan agar selalu tercipta kedamaian dalam masyarakat. Hal itu dapat kita lakukan dengan terus menjunjung tinggi toleransi serta keadilan sosial.

    BalasHapus
  86. Menurut saya bukti nyata dalam masyarakat yaitu membantu masyarakat memantapkan kepribadiannya agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai nilai dasar pancasila, rasa kebangsaan dan cinta tanah air dalam menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni dengan rasa tanggung jawab.
    Nama saya raafika putri pambayun
    Prodi manajemen

    BalasHapus
  87. Menurut saya bukti nyata pada masyarakat dalam penerapan ilmu informatika sesuai dengan pengembangan kepribadian dan identitas nasional yaitu kita jadi tahu batasan-batasan dalam mengakses internet sesuai dengan tujuannya yang tidak merugikan pihak lain, terciptanya lapangan kerja yang sudah berbasis online, dan dapat memberitahu dunia tentang Indonesia.

    BalasHapus
  88. Membantu masyarakat memantapkan kepribadiannya agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai nilai dasar pancasila,rasa kebangsaan dan cinta tanaha air dlam menguasai,menerapkan,dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni dengan rasa tanggung jawab

    BalasHapus
  89. Diajeng Indah Yuliasari

    Menurut saya, bukti nyata pada masyarakat dalam pengembangan kepribadian dan identitas nasional yang di dasari Pendidikan Kewarganegaraan yaitu, kemanusiaan yang adil & beradab, masyarakat di tuntut menjadi pribadi yang rasa kemanusiaan, nurani, memiliki rasa iba pada sesamanya, menjadi pribadi yg adil & beradab memiliki sopan santun baik bagi yg muda ke yg tua ataupun sebaliknya dan Indonesia memiliki bahasa, kebudayaan, adat istiadat yang sebagai identitas nasional negara indonesia.

    BalasHapus
  90. Menurut saya Memahami mata kuliah Pendidikan Kewarganegaaraan adalah suatu hal yang wajib karena merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan kembali semangat kebangsaan generasi muda, khususnya mahasiswa dalam menghadapi pengaruh globalisasi dan mengukuhkan semangat bela negara. Tujuannya adalah untuk memupuk kesadaran cinta tanah air, mengetahui tentang hak dan kewajiban dalam usaha pembelaan negara, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
    -sulasni-
    Prodi Manajemen

    BalasHapus
  91. Untuk membantu masyarakat agar menjadi warga negara yang baik dan menjadi tahu bahwa pendidikan kewarganegaraan itu harus mematuhi peraturan yang ada
    #Hilbram bagus yulianto

    BalasHapus
  92. Khafid khasan nudin

    bukti nyata pendidikan kewarganegaraan dalam masayarakat adanya toleransi antara perbedan perbedaan yang ada dan mnyelesaikan permasalahan dengan musyawarah sehingga tercipta kerukunan dan ke damaian

    BalasHapus
  93. Nama : Tegar Panuntun
    Prodi : Agribisnis

    Menurut pendapat saya, bukti nyata pada masyarakat dalam penerapan Pendidikan Kewarganegaraan yaitu
    1. Ketika kita berpikir rasional,
    demokratis, dan kritis dalam memutuskan segala masalah.
    2. Kita menerapkan nilai nasionalisme dan menjunjung tinggi toleransi antar agama, ras, atau suku.

    BalasHapus
  94. Menurut saya, bukti nyata masyarakat dalam penerapan teknik informatika sebagi kepribadian dan identitas nasional yaitu sebagai mana masyarakat indonesia yang menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan, kita sebagai masyarakat harus terus mempupuk rasa persatuan dan kesatuan tersebut melalui media. Seperti halnya berkomunikasi antar sesama, menjalin silaturahmi antar masyarakat indonesia.
    Nama : Arnan Hidayat
    Prodi : Teknik Informatika

    BalasHapus
  95. Bukti nyata pada masyarakat dalam keilmuan di perguruan tinggi yang didasari PKn yaitu, adanya toleransi antar masyarakat dengan mengedepankan moral dan etika serta tetap memiliki rasa kemanusiaan yang adil dan beradab yang berdasarkan pada ketuhanan yang maha esa.
    Fiaro santi utami
    Prodi manajemen

    BalasHapus
  96. Mendukung tinggi toleransi dengan perbedaan2 yang ada, agar mencapai titik dimana warga negara Indonesia hidup rukun dan damai..
    "berbeda tak harus sama"
    By. Iskhak syarofulloh

    BalasHapus
  97. Menurut saya bukti nyata nya ialah masyarakat menjadi mengerti betapa penting nya pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi dengan cara mengimbangi globalisasi dengan melaksanakan isi dari pancasila, sehingga mahasiswa sadar dan mampu memperjuangkan hak-hak politiknya secara benar, rasional dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  98. Dalam bidang akuntansi, dengan perhitungan yang baik dana desa akan lebih jelas dan mudah di pahami, penerapan kepada masyarakat tentu masyarakat akan lebih paham lebih tau dan tidak mudah dibohongi lalu akan tercipta keadilan dan kesejahteraan.sekian dari Herfian Ginanjar ahyar
    #SobatAmbyar

    BalasHapus
  99. Penerapan yang di dasari PKn adalah sikap toleransi terhadap masyarakat yang memiliki identitas berbeda,dari segi ras,agama,maupun ethnik, dapat beradaptasi di suatu lingkungan sekitar,menerapkan etika yang berlaku pada masyarakat,agar tercipanta masyarakat yang damai dan sentosa.

    BalasHapus
  100. Nama:nanda putra p
    Prodi:akuntansi
    Menurut sayaa.. bukti nyata PKn dalam masyarakat terutmaa dalam pengembangan diri dan identitas nasional adalah. Membuat kepribadian yang baik, membuat kita bisa memahami tentang satu kesatuan sebagai warga negara indonesia

    BalasHapus
  101. Yaitu dengan menerapkan ilmu-ilmu yang dimiliki utk masyarakat luas dengan didasari ilmu agama, agar tdk hanya sukses di dunia tpi juga di akhirat, dan pastinya didasari juga dg Pendidikan Kewarganegaraan agar selain masyarakat bisa bijak mengelola teknologi terutama di era globalisasi juga mempunyai jiwa nasionalisme, misal prodi informatika, mengajarkan ilmu-ilmu teknologi informasi kepada masyarakat terutama di pondok-pondok pesantren yg notabenenya hanya diajarkan ilmu-ilmu agama, shg mereka dpt memanfaatkan teknologi utk bekal hidup di dunia, dan dg ajaran agama dpt memberi kontribusi utk negara dg semboyan "hubbul wathon minal iman" nya krn agama juga mengajarkan utk mencintai tanah airnya. [em_fajar]

    BalasHapus
  102. Miko Aflah Rizkianto.

    (Management)

    Membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat luas, Dan memberi ajaran ajaran tentang kewirausahaan. Sehingga terjadi peningkatan taraf hidup pada masyarakat. Serta Menjunjung toleransi antar sesama yang sesuai Pendidikan kewarga negaraan

    BalasHapus
  103. WAHYU MELIZA DINI
    Pendapat saya pendidikan kewarganegaraan dalam perguruan tinggi sangat penting karena dapat membantu menemukan jati diri dan menumbuhkan rasa cinta tanah air

    BalasHapus
  104. Isna Restiana
    Menurut saya PKn adalah pengingat bagi kita anak bangsa yang sebagaimana mestinya harus menjaga keutuhan dan membangkitkan NKRI.

    BalasHapus
  105. Ratih wulandari
    Prodi Informatika.
    Bukti nyata dari penerapan pendidikan kewarganegaraan sbg matkul pengembangan kepribadian dan identitas sosial di PT menurut saya adalah , mengertinya mahasiswa akan sikap-sikap bagaimana caranya bertoleransi antar umat beragama,antar suku maupun budaya . Karena Indonesia adalah berbeda tetapi satu , dan disini mahasiswa diajarkan untuk memahami makna bhieneka tunggal ika yang sebenar-benarnya .

    BalasHapus
  106. Siti Nur Harlinah
    Menurut saya pkn yg diajarkan di kampus menyadarkan kita betapa pentingnya persatuan dan kesatuan NKRI

    BalasHapus
  107. Muhamad Nuryasin alkhafid

    Menurut saya PKn sebagai pengembangan kepribadian sangat setuju karena mencakup norma norma dasar kehidupan, dan sebagai identitas nasional sangat tepat karena menanamkan cinta tanah air

    BalasHapus
  108. Menurut saya
    Nama : Millenia
    Pendidikan Kewarganegaraan antara lain agar mahasiswa mampu menjadi warga negara yang memiliki pandangan dan komitmen terhadap nilai-nilai demokrasi dan HAM, agar mahasiswa mampu berpartisipasi dalam upaya mencegah dan menghentikan berbagai tindak kekerasan dengan cara cerdas dan damai, agar mahasiswa memilik kepedulian dan mampu berpartisipasi dalam upaya menyelesaikan konflik di masyarakat dengan dilandasi nilai-nilai moral, agama, dan nilai-nilai universal, agar mahasiwa mampu berpikir kritis dan objektif terhadap persoalan kenegaraan, HAM, dan demokrasi, agar mahasiswa mampu memberikan kontribusi dan solusi terhadap berbagai persoalan kebijakan publik, agar mahasiswa mampu meletakkan nilai-nilai dasar secara bijak (berkeadaban).

    BalasHapus
  109. Menurut saya bukti nyata pada masyarakat dalam penerapan ilmu informatika sesuai dengan pengembangan kepribadian dan identitas nasional yaitu kita jadi tahu batasan-batasan dalam mengakses internet sesuai dengan tujuannya yang tidak merugikan pihak lain, terciptanya lapangan kerja yang sudah berbasis online, dan dapat memberitahu dunia tentang Indonesia.

    BalasHapus
  110. keberadaan Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi cukup kuat, dan sebagai mata kuliah yang wajib diikutioleh seluruh mahasiswa. Sesuai dengan tuntutan dan perubahan masyarakat di era reformasi, mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, telah dilakukan perubahan paradigma menuju kepada paradigma humanistik yang mendasarkan pada asumsi bahwa mahasiswa adalah manusia yang mempunyai potensi dan karakteristik yang berbeda-beda. Indikasi ke arah itu tampak dari substansi kajian, strategi, dan evaluasi mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang ditawarkan kepada mahasiswa. Sementara itu,dalam mengantisipasi tuntutan global, pembelajaran diorientasikan agar paramenangkal dampak negatif globalisasi.

    BalasHapus
  111. Bukti nyata pada masyarakat dalam menerapkan ilmu PKn sebagai pengembangan kepribadian dan identitas nasional menurut saya yaitu sadar dan bangga mengakui sebagai bagian dari bangsa Indonesia, dan bangga untuk berbahasa indonesia.
    hanny gresya
    (akuntansi)

    BalasHapus
  112. Bukti nyata dlm bermasyarakat adl dengan mengikuti organisasi seperti krng taruna,dan melakukan kegiatan seperti bahti sosial,ikut serta dlm pembangunan di desa.
    Tofik Hidayat

    BalasHapus
  113. Bukti nyata yang saya lakukan dalam menjalankan dan mengamalkan cita cita pancasila di masyarakat adalah ikut berperan aktif dalam kegiatan yang ada di desa,dengan ikut serta dalam organisasi"keremajaan. Disitu saya dapat menyalurkan ide dan gagasan dari ilmu"yang saya peroleh dari pembelajaran di perkuliahan.
    (Manajemen)

    BalasHapus
  114. Nama : Ainun Musyarofah
    Prodi : Akuntansi
    NIM : 01902023
    Bukti nyata yang dapat saya lakukan sebagai seorang mahasiswa akuntansi dalam menjalankan dan mengamalkan ilmu saya di masyarakat adalah dengan menggunakan ilmu dengan benar dalam masyarakat dan bersikap jujur serta amanah dan mengerjakan tugas dengan baik

    BalasHapus
  115. Apa bukti nyata yang akan saya lakukan sebagai seorang program studi akuntansi dalam menjalankan dan mengamalkan ilmu saya di masyarakat, sesuai dengan cita cita pancasila.
    Yaitu dengan memberi arahan kepada masyarakat dalam hal menstabilkan perekonomian dan mengkomunikasikan dampak sosial dalam perilaku menyimpang seperti korupsi agar bisa di cegah.
    Nama : Annafidia Satriani
    Prodi : Akuntansi

    BalasHapus
  116. Bukti nyata dalam masyarakat adalah dengan kita bikin konten creator yg disitu kita bertemakan tentang persatuan Indonesia karena diera digital ini pasti dari semua kalangan dan semua umuran bisa melihatnya .. .secara langsung kita memberi dorongan moral kepada yg melihat tentang persatuan Indonesia...disitu juga kita bisa ikut andil alih tentang cinta tanah air dengan cara mempromosikan produk lokal dan wisata lokal pesona Indonesia.

    Nama : Thoha Angga Pradana
    Prodi : Informatika

    BalasHapus
  117. Bukti nyata saya sebagai mahasiswa(manajemen) dalam menjalankan dan mengamalkan ilmu saya yaitu dengan cara berperan aktif di masyarakat dlam kegiatan organisasi dimasyarakat seperti karang taruna , dengan itu saya bisa mengamalkan ilmu saya dg masyarakat sekitar , sesuai dg cita cita pancasila mencerdaskan kehidupan bangsa.

    BalasHapus
  118. bukti yang akan saya lakukan dalam menjalankan dan mengamalkan ilmu saya di masyarakat adalah dengan menjunjung tinggi sikap toleransi, lebih mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan dan menghargai perbedaan satu sama lain. (Anita Rachmawati, Manajemen, 01901033)

    BalasHapus
  119. Nama : Asrifah
    NIM : 01903001
    Prodi : Agribisnis
    Menurut saya, bukti nyata pada masyarakat dalam penerapan ilmu Agribisnis yang didasari pendidikan kewarganegaraan yaitu dengan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air dengan mengoptimalkan/mengelola sumber daya alam dengan baik sehingga masyarakat dapat merasakan sumber daya alam yang lebih bermanfaat untuk kelangsungan hidupnya baik dalam hal perekonomian maupun lingkungan alam. Di sisi lain pengelolaan sumber daya alam juga dapat membuka lapangan usaha yang mandiri dan memberikan peluang kerja kepada orang lain dengan didasarkan sikap toleransi, berkeadilan, tanggung jawab, dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  120. NIM : 01905016 Bukti nyata pada masyarakat yaitu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan semangat dan kecintaan kita pada tanah air Indonesia.

    BalasHapus
  121. Nama :Firdha Ul Haq
    Nim:01901032
    Prodi :manajemen

    Menurut saya bukti nyata sebagai mahasiswa manajemen adalah Dengan kita menguasai IPTEK maka pengelolaan Sumber daya yang ada dapat di kelola dengan baik maka akan tercipta masyarakat yang makmur namun tetap pada jati diri bangsa dan tidak tercabut dari akar budaya bangsanya.

    BalasHapus
  122. Nama : Anisa Rahma
    Prodi : manajemen
    Nim : 01901004

    bukti nyata yang akan saya lakukan sebagai mahasiswa manajemen dalam menjalankan dan mengamalkan ilmu saya sesuai dgn cita cita Pancasila ialah menciptakan sebuah wadah pendidikan berbasis alam dalam mengelola sumber daya manusia utk menciptakan anak didik bangsa yg berkarakter dan mengaplikasikan IPTEK utk mengelola sumber daya alam dan bekerja sama dengan desa utk mencapai kemakmuran mata ekonomi masyarakat .

    BalasHapus
  123. Nama: Fani Dwi Astari
    Prodi:Manajemen
    NIM:01901072
    Bukti saya akan mengamalkan ilmu pancasila dalam kehidupan sehari hari dan meningkatkan kecintaaan kepada tanah air

    BalasHapus
  124. Bismillah..
    Sebagai manusia yang meyakini ada Alloh sang pencipta alam semesta. Sudah seharusnya kita merasa selalu diawasi tentang apapun yang kita lakukan. Saya berharap suatu hari, saya bisa mengamalkan ilmu yang saya dapat di dunia perkuliahan ini untuk mengabdikan kepada masyarakat. Tanpa membeda-bedakan siapa dia, darimana dia. Bersikap jujur dalam berbuat. (Ajeng Rohmantika, Akuntansi, 01902024)

    BalasHapus
  125. https://sdgs.pa-sengkang.go.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEPSI DASAR BELA NEGARA & IMPLEMENTASINYA

2 Tahun Bersamamu (Cerita untuk Anakku Bagian 6)