NEGARA & KONSTITUSI, HUBUNGAN NEGARA & WARGA NEGARA



KONSTITUSI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA-NEGARA INDONESIA

Istilah konstitusi dikenal dalam sejumlah bahasa, misalnya dalam bahasa Prancis dikenal dengan istilah constituer, dalam bahasa Latin/Italia digunakan istilah constitutio, dalam bahasa Inggris digunakan istilah constitution, dalam bahasa Belanda digunakan istilah constitutie, dalam bahasa Jerman dikenal dengan istilah verfassung, sedangkan dalam bahasa Arab digunakan istilah masyrutiyah (Riyanto, 2009). Constituer (bahasa Prancis) berarti membentuk, pembentukan. Yang dimaksud dengan membentuk di sini adalah membentuk suatu negara. Kontitusi mengandung permulaan dari segala peraturan mengenai suatu negara atau dengan kata lain bahwa konstitusi mengandung permulaan dari segala peraturan mengenai negara (Prodjodikoro, 1970), pembentukan suatu negara atau menyusun dan menyatakan suatu negara (Lubis, 1976), dan sebagai peraturan dasar mengenai pembentukan negara (Machfud MD, 2001).
Dalam arti sempit konstitusi merupakan suatu dokumen atau seperangkat dokumen yang berisi aturan-aturan dasar untuk menyelenggarakan negara, sedangkan dalam arti luas konstitusi merupakan peraturan, baik tertulis maupun tidak tertulis, yang menentukan bagaimana lembaga negara dibentuk dan dijalankan. Konstitusi diperlukan untuk membatasi kekuasaan pemerintah atau penguasa negara, membagi kekuasaan negara, dan memberi jaminan HAM bagi warga negara. Konstitusi mempunyai materi muatan tentang organisasi negara, HAM, prosedur mengubah UUD, kadang-kadang berisi larangan untuk mengubah sifat tertentu dari UUD, cita-cita rakyat dan asas-asas ideologi negara.
Pada awal era reformasi, adanya tuntutan perubahan UUD NRI 1945 didasarkan pada pandangan bahwa UUD NRI 1945 belum cukup memuat landasan bagi kehidupan yang demokratis, pemberdayaan rakyat, dan penghormatan terhadap HAM. Di samping itu, dalam tubuh UUD NRI 1945 terdapat pasal-pasal yang menimbulkan penafsiran beragam (multitafsir) dan membuka peluang bagi penyelenggaraan negara yang otoriter, sentralistik, tertutup, dan praktik KKN.
Dalam perkembangannya, tuntutan perubahan UUD NRI 1945 menjadi kebutuhan bersama bangsa Indonesia. Oleh karena itu, MPR melakukan perubahan secara bertahap dan sistematis dalam empat kali perubahan. Keempat kali perubahan tersebut harus dipahami sebagai satu rangkaian dan satu kesatuan.
Dasar pemikiran perubahan UUD NRI 1945 adalah kekuasaan tertinggi di tangan MPR, kekuasaan yang sangat besar pada presiden, pasal-pasal yang terlalu “luwes” sehingga dapat menimbulkan multitafsir, kewenangan pada presiden untuk mengatur hal-hal penting dengan undang-undang, dan rumusan UUD NRI 1945 tentang semangat penyelenggara negara belum cukup didukung ketentuan konstitusi yang sesuai dengan tuntutan reformasi.
Awal proses perubahan UUD NRI 1945 adalah pencabutan Ketetapan MPR RI Nomor IV/MPR/1983 tentang Referendum, pembatasan masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden RI, dan Ketetapan MPR mengenai Hak Asasi Manusia mengawali perubahan UUD NRI 1945. Dari proses perubahan UUD NRI 1945, dapat diketahui hal-hal sebagai berikut:
a.    Perubahan UUD NRI 1945 dilakukan oleh MPR dalam satu kesatuan perubahan yang dilaksanakan dalam empat tahapan, yakni pada Sidang Umum MPR 1999, Sidang Tahunan MPR 2000, 2001, dan 2002;
b.    Hal itu terjadi karena materi perubahan UUD NRI 1945 yang telah disusun secara sistematis dan lengkap pada masa sidang MPR tahun 1999-2000 tidak seluruhnya dapat dibahas dan diambil putusan;
c.    Hal itu berarti bahwa perubahan UUD NRI 1945 dilaksanakan secara sistematis berkelanjutan karena senantiasa mengacu dan berpedoman pada materi rancangan yang telah disepakati sebelumnya.
                     
    Bagan Proses perubahan UUD 1945
   Sumber: MPR RI (2012)
                     
  UUD NRI 1945 menempati urutan tertinggi dalam jenjang norma hukum di Indonesia. Berdasar ketentuan ini, secara normatif, undang-undang isinya tidak boleh bertentangan dengan UUD. Jika suatu undang-undang isinya dianggap bertentangan dengan UUD maka dapat melahirkan masalah konstitusionalitas undang-undang tersebut. Warga negara dapat mengajukan pengujian konstitusionalitas suatu undang-undang kepada Mahkamah Konstitusi


Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia


HARMONI KEWAJIBAN DAN HAK NEGARA DAN WARGA NEGARA

Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain mana pun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya. Wajib adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan melulu oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain mana pun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan.
Hak dan kewajiban warga negara merupakan wujud dari hubungan warga negara dengan negara. Hak dan kewajiban bersifat timbal balik, bahwa warga negara memiliki hak dan kewajiban terhadap negara, sebaliknya pula negara memiliki hak dan kewajiban terhadap warga negara. Hak dan kewajiban warga negara dan negara Indonesia diatur dalam UUD NRI 1945 mulai pasal 27 sampai 34, termasuk di dalamnya ada hak asasi manusia dan kewajiban dasar manusia. Pengaturan akan hak dan kewajiban tersebut bersifat garis besar yang penjabarannya dituangkan dalam suatu undang-undang.
Sekalipun aspek kewajiban asasi manusia jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan aspek hak asasi manusia sebagaimana tertuang dalam UUD NRI 1945, namun secara filosofis tetap mengindikasikan adanya pandangan bangsa Indonesia bahwa hak asasi tidak dapat berjalan tanpa dibarengi kewajiban asasi. Dalam konteks ini Indonesia menganut paham harmoni antara kewajiban dan hak ataupun sebaliknya harmoni antara hak dan kewajiban.
Hak dan kewajiban warga negara dan negara mengalami dinamika terbukti dari adanya perubahan-perubahan dalam rumusan pasal-pasal UUD NRI 1945 melalui proses amandemen dan juga perubahan undang-undang yang menyertainya. Jaminan akan hak dan kewajiban warga negara dan negara dengan segala dinamikanya diupayakan berdampak pada terpenuhinya keseimbangan yang harmonis antara hak dan kewajiban negara dan warga negara.
Guna merealisasikan kewajiban warga negara, negara mengeluarkan berbagai kebijakan dan peraturan yang mengikat warga negara dan menjadi kewajiban warga negara untuk memenuhinya. Salah satu contoh kewajiban warga negara terpenting saat ini adalah kewajiban membayar pajak (Pasal 23A, UUD 1945). Hal ini dikarenakan saat ini pajak merupakan sumber penerimaan negara terbesar dalam membiayai pengeluaran negara dan pembangunan.
Tanpa adanya sumber pendapatan pajak yang besar maka pembiayaan pengeluaran negara akan terhambat. Pajak menyumbang sekitar 74,63 % pendapatan negara. Jadi membayar pajak adalah contoh kewajiban warga negara yang nyata di era pembangunan seperti sekarang ini. Dengan masuknya pendapatan pajak dari warga negara maka pemerintah negara juga akan mampu memenuhi hak warga negara yakni hak mendapatkan penghidupan yang layak.

Melaksanakan kewajiban perpajakan juga merupakan salah satu kewajiban warga negara.
Sudahkah Anda melakukan?


Menikmati hasil pembangunan merupakan salah satu hak warga negara
dalam mendapatkan manfaat membayar pajak.


Hak dan kewajiban warga negara melalui pembayaran pajak dan manfaat yang diterima.

Dari rumusan Pasal 31 Ayat (3) UUD NRI 1945 juga terdapat konsep fungsi negara, dalam hal ini pemerintah, yakni mengusahakan dan sekaligus menyelenggarakan sistem pendidikan nasional. Jika kita menengok fungsi-fungsi negara (function of the state) dalam lingkup pembangunan negara (state-building) cakupannya meliputi hal-hal berikut ini.

a.    Fungsi minimal: melengkapi sarana dan prasarana umum yang memadai, seperti pertahanan dan keamanan, hukum, kesehatan, dan keadilan.
b.    Fungsi madya: menangani masalah-masalah eksternalitas, seperti pendidikan, lingkungan, dan monopoli.
c.    Fungsi aktivis: menetapkan kebijakan industrial dan redistribusi kekayaan.

Berdasarkan klasifikasi fungsi negara tersebut, penyelenggaraan pendidikan termasuk fungsi madya dari negara. Artinya, walaupun bukan merupakan pelaksanaan fungsi tertinggi dari negara, penyelenggaraan pendidikan juga sudah lebih dari hanya sekedar pelaksanaan fungsi minimal negara. Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan sangatlah penting. Pendidikan nasional merupakan perwujudan amanat UUD NRI tahun 1945 dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam UUSPN lebih lanjut dirinci bahwa penyelenggaraan sistem pendidikan nasional itu harus melahirkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Berkaitan dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berkeinginan bahwa pada tahun 2025 pendidikan nasional menghasilkan INSAN INDONESIA CERDAS DAN KOMPETITIF (Insan Kamil/Insan Paripurna). Kecerdasan yang kita maksud adalah kecerdasan yang komprehensif. Artinya, bukan hanya cerdas intelektualnya, melainkan juga memiliki kecerdasan spiritual, emosional, sosial, bahkan kinestetis. Bersamaan dengan dimilikinya kecerdasan secara komprehensif, insan Indonesia juga harus kompetitif.

Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif 2025


Sumber: https://drive.google.com/open?id=13-6_QbPnWPld4Ag2U-pIwU9JmOEag9Dc

Komentar

  1. Belajar mengembangkan ilmu untuk membangun sebuah usaha dalam rangka meningkatkan perekonomian bangsa, dan membangun sebuah usaha untuk meningkatkan lapangan pekerjaan agar di Indonesia lebih sedikit tingkat pengangguran

    BalasHapus
  2. Kewajiban saya sebagai seorang mahasiswa manajemen guna penerapan keilmuan saya dimasyarakat antara lain..
    Belajar dengan baik dan sungguh sungguh agar nantinya bekal yang saya dapatkan dari kampus dapat saya praktekkan kepada masyarakat,saya akan membantu anak" yang kurang mampu dan tidak sekolah agar mereka mendapatkan hak mereka untuk belajar , dan nantinya anak" yang kurang mampu akan dapat berkembang dengan baik. Dengan hal tersebut masyarakat indonesia akan lebih maju dalam hal pendidikanya.

    BalasHapus
  3. Nama zulfikar abdul latief
    Prodi manajemen
    Kewajiban sebagai mahasiswa banyak sekali, kewajiban utama adalah belajar, menaati peraturan universitas dan lain sebagainya. Penerapan ke ilmuan kepada masyarakat juga harus di jalankan sebagai kewajiban, karna dasarnya mahasiswa harus ikut mengabdi pada rakyat dan ikut serta meningkatkan kecerdasan bangsa. Bisa membaur dengan masyarakat dr berbagai macam kalangan supaya bisa mengerti apa permasalah permasalahan yg ada di dalam lingkungan masyarakat... 🙏🙏

    BalasHapus
  4. OKI Dwi prasetyani
    Manajemen
    Sebagai mahasiswa kewajiban yang paling utama adalah belajar memperbanyak pengetahuan karna banyak sekali cara mencari referensi dari internet maupun buku buku. Untuk itu dalam lingkungan masyarakat kita
    Perlu bersosialisasi untuk mendapatkan informasi yang terjadi didesa atau pemerintah. Dan harus bisa menjadi pengganti orang orang yang memimpin dipemerintahan nantinya yang artinya mahasiswa menjadi generasi penerus memimpin bangsa ini.🙏

    BalasHapus
  5. Nama:zena novwinda
    Prodi:manajemen
    Kewajiban saya sebagai mahasiswa Manajemen dilingkungan kampus adalah belajar dengan baik serta mampu mentaati peraturan dikampus...
    Sedangkan kalau dimasyarakat kita bisa membuka usaha bakso untuk mengurangi pengangguran dilingkungan masyarakat

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Kewajiban saya sebagai mahasiswa yaitu mencari ilmu pengetahuan sebanyak mungkin dan belajar dengan sungguh"menaati peraturan ,baik di universitas maupun di lingkungan masyarakat.Mahasiswa sebagai kaum intelektual diharapkan bisa membagi ilmu bagi masyarakat. Menjadi kritis dalam permasalahan yang ada dalam masyarakat. Dan memberikan edukasi kepada masyarakat baik secara luas maupun terbatas dalam lingkup kecil.

    BalasHapus
  8. Laelatul Amalia Putri U
    Manajemen
    Kewajiban yang harus saya lakukan sebagai mahasiswa manajemen dalam rangka menjadi warga negara yang memiliki kecerdasan emosional yang baik guna penerapan keilmuan saya dalam masyarakat yaitu dengan mendorong adanya perubahan pada tata perekonomian masyarakat agar angka kemiskinan dan pengangguran semakin mengurang bahkan tidak ada lagi. Yang sebelumnya harus melakukan analisa ke dalam lingkungan masyarakat.

    BalasHapus
  9. Ananda Masulia
    Manajemen
    Kewajiban saya sebagai mahasiswa di lingkungan kampus yaitu belajar dengan giat dan berdoa, mentaati perintah yang ada dalam kampus universitas, dan sopan santun kepada dosen di kampus. Kewajiban saya sebagai mahasiswa di lingkungan masyarakat yaitu, mengajarkan kepada anak anak yang tidak mampu atau anak jalanan supaya mereka menjadi anak yang cerdas, dan bisa membangun sekolah gratis untuk anak yang tidak mampu, dan membuat restoran atau lapangan usaha untuk orang yang pengangguran

    BalasHapus
  10. jawaban saya ya misal kita di manajemen pemasaran dalam berinteraksi dilapangan dengan masyarakat kita harus bisa mengontrol emosi diri kita baik positif maupun negatif jadi harus bisa mengendalikan diri dan juga selalu memotivasi diri sendiri bahwasanya kita akan berhasil dalam memasarkan apa yang sedang kita usahakan.
    Faisal Jabar
    01901050

    BalasHapus
  11. Siti Nur Nanah
    Prodi manajemen
    Kewajiban saya sebagai mahasiswa manajemen antara lain mentaati segala peraturan yang ada di kampus dan belajar dengan bersungguh-sungguh agar nantinya bekal yang sudah saya miliki bisa diterapkan dilingkungan masyarakat. Dalam proses penerapan dilingkungan masyarakat diantaranya menjadi mahasiswa yang kritis akan permasalahan yang sedang dialami masyarakat, membantu masyarakat menemukan solusi terutama dalam masalah perdagangan ataupun perekonomian.

    BalasHapus
  12. Eko gunawan prasetyo
    Prodi manajemen

    Harus bisa menggunakan ilmu yg telah diajarkan dicampus dan melakukan pengaplikasian dan jika mungkinKan dimodifikasi Bisa dilakukan.banyak hal yg mencakup manajemen. Maka dari itu sebagai mahasiswa nantinya bisa menjadi contoh/teladan untuk warga sekitar dimana ia tinggal terutama dan dimana ia berada

    BalasHapus
  13. Mita Mawarni
    Prodi manajemen

    Peranan saya sebagai mahasiswa manajemen yaitu yang pertama belajar, perbanyak pengetahuan dan mentaati peraturan di kampus dan dalam mengamalkan ilmu ke masyarakat saya dapat membantu pembangunan masyarakat dengan peran edukatif yang mereka miliki. Hal ini dapat dilakukan, misalnya dengan melakukan penyuluhan dan membimbing masyarakat di sekitarnya dalam menyuarakan pemikiran mereka. Saya juga dapat membuat kesempatan yang mendorong masyarakat berani menyampaikan aspirasi.

    BalasHapus
  14. Nama : Raden Agung Darma Putra
    Prodi : Manajemen

    Harus bisa mengaplikasikan apa yang telah dipelajari di kampus Dalem hal ini manajemen. Wajib menjaga etika agar dapat menjadi warga negara yang baik dan sebagai contoh/teladan bagi masyarakat terutama bagi daerah tempat tinggal.

    BalasHapus
  15. Nama : Siska Dwi Saputri
    Prodi : Manajemen
    Kewajiban yang harus saya lakukan sebagai mahasiswa manajemen yaitu harus belajar dengan baik, memperbanyak ilmu, dan berusaha mencapai nilai yang baik. Karena di era modern ini menurut saya manajemen mempunyai peran sangat penting bagi kehidupan, segala sesuatu yang di kerjakan harus di manage. Dan nantinya ilmu yang saya dapat dari belajar di universitas perwira purbalingga harus saya terapkan kepada masyarakat agar masyarakat lebih bisa berfikir positif untuk masa depan, bisa me manage segala sesuatu dengan baik. Agar masyarakat Indonesia semakin disiplin, cerdas, dan selalu mengutamakan pandangannya yang lebih maju untuk diri sendiri dan untuk Indonesia.

    BalasHapus
  16. Nama : Daru Akbar Awalun
    Prodi : Managemen (pagi)

    Kewajiban saya sebagai mahasiswa managemen di campus yang yaitu belajar dengan serius dan sungguh sungguh yang nantinya kita mengaplikasikan di lingkungan masyarakat misalnya melakukan sosialisai dan pengetahuan tentang usaha agar masyarakat bisa berwirausaha sendiri dan nantinya bisa mengurangi pengangguran.

    BalasHapus
  17. Aldi pratama putra
    Manajemen

    Sebagai mahasiswa kewajiban yang utama adalah belajar dengan sungguh-sungguh dan menanati peraturan yang di terapkan dan penerapan ilmu saya di masyarakat dengan kecerdasan emosional dengan cara saya itu harus bisa mengenali emosi orang lain (empati) contohnya mampu menangkap sinyal sosial yang tersembunyi yang dibutuhkan atau dikehendaki orang lain

    BalasHapus
  18. Fajar Robi Aditya
    prodi manajemen

    Yang harus saya lakukan adalah merangkul masyarakat dan menerapkan ilmu yang sudah saya miliki saat ini kepada masyarakat dengan memberi contoh yang baik ataupun merubah pola pikir mereka yang tadinya pola pikir mereka statis menjadi pola pikir yang dinamis atau maju

    BalasHapus
  19. Kewajiban saya sebagai mahasiswa management yaitu belajar, memperbanyak ilmu pengetahuan dan mentaati peraturan yang ada di lingkungan kampus dan masyarakat. Mahasiswa sebagai kaum intelektual harus dapat berfikir kritis dan memiliki kecerdasan emosional yang baik.

    Seperti contoh dalam perekonomian.. Saya harus dapat menguasai pasar agar bisa menggerakan roda perekonomian di masyarakat, lalu saya akan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat.
    -Fajar Rindang P.

    BalasHapus
  20. Desi Fitria Romadoni
    Prodi Manajemen
    Sbgai mahasiswa tentu saja saya akan rajin belajar serta mentaati peraturan yg berlaku. Dalam penerapan dilingkungan masyarakat saya sebagai mahasiswa manajemen, akan memanajemen waktu dg baik, saya akan mebagikan sedikit ilmu kepada masyarakat dan ikut serta berperan aktif dalam organisasi kemasyarakatan sebagai bentuk pengabdian saya kpd masyarakat

    BalasHapus
  21. Enggar Sawang Sari
    Kewajiban saya sebagai mahasiswa yaitu belajar dengan giat serta mematuhi semua peraturan dan ketentuan yang berlaku. Ikut memelihara sarana sdan prasarana, kebersihan, ketertiban, dan keamanan. Menjaga kewibawaan dan nama baik universitas serta menjunjung tinggi kebudayaan nasional.

    BalasHapus
  22. Nama : Kris Diana (Manajemen)
    Kewajiban apa yang harus saya lakukan sebagai mahasiswa manajemen dalam rangka menjadi warga negara yang memiliki kecerdasan emosional baik guna penerapan keilmuan saya di masyarakat adalah senantiasa mengutamakan kejujuran dimanapun kapanpun dan dengan siapapun, saling menghargai, saling menjaga perasaan sesama misalnya ada orang yang menyakiti perasaan saya dengan perkataan nya, yg saya lakukan cukup senyum dan harus bisa mengendalikan emosional saya. Dan ketika ada orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya, saya akan menegur nya dengan cara yg baik dan sopan.

    BalasHapus
  23. Miko Aflah Rizkianto
    Prodi management
    Kewajiban saya sebagai mahasiswa management yang utama yaitu belajar, Serta mendalami berbagai ilmu di bidang management, sehingga nantinya setiap ilmu yang saya dapatkan bisa saya bagikan dan berguna bagi masyarakat luas. penerapan keilmuan di masyarakat salah satunya Membangun usaha dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas, dan memberi ajaran tentang etika dsb, sehingga nantinya masyarakat indonesia tidak hanya menjadi manusia yang memiliki skill serta kecerdasan tentang ilmu management, tapi juga memiliki etika, kecerdasan emosional, dan soft skill yang mumpuni sehingga nantinya Perekonomian di indonesia akan meningkat seiring meningkatnya sumber daya manusia.

    BalasHapus
  24. Nama : Dewi yuliantika
    Kewajiban yang harus saya lakukan sebagai seorang mahasiswa manajemen dalam rangka menjadi warga negara yang memiliki kecerdasan emosional yang baik guna menerapkan keilmuan saya di masyarakat yaitu : saya sebagai mahasiswa akan mengembangkan ilmu manajemen yg saya dapat dengan cara membangun sebuah forum usaha bersama Masyarakat setempat yang metode pembayarannya berbasis e-money,misal membangun usaha rumah makan dimana cara pemesanan nya menggunakan alat digital,sehingga pelanggan hanya mengisi pesanan nya melalui alat digital tersebut dan pembayaran nya pun hanya tinggal menempelkan kartu e-money ke mesin digital tersebut,setelah pesanan dibayar oleh pelanggan maka makanan yang telah dipesan akan diantarkan. Dengan adanya metode tersebut dapat meminimalisir adanya sampah dan memanfaatkan fasilitas yang ada.

    BalasHapus
  25. Diajeng Indah Yuliasari
    Manajemen

    Kewajiban saya sebagai mahasiswa manajemen dalam rangka menjadi warga negara yang memiliki kecerdasan emosional yaitu belajar dengan sepenuh hati, memiliki empati terhadap orang lain, dan mampu mengendalikan diri menghadapi berbagai situasi. Sejak kecil kita telah memiliki emosi dan berinteraksi dengan emosi. Memahami emosi sangat membantu dalam mengenali diri sendiri, selanjutnya kita dapat mengenali dan mengendalikan oknum oknum yang saling berperang dalam diri berbagai keinginan, kesombongan, iri hati, dengki, kebencian, amarah dan sifat sifat lainnya. Artinya seseorang dalam kondisi selalu dalam suasana hati dengan emosi tertentu. Misalnya seseorang dengan temperamen pemarah akan selalu menunjukkan emosi marah setiap saat. Kecerdasan emosional biasanya menonjol dalam kehidupan nyata, misalnya menjadi pemimpin, mudah bergaul, mempunyai karakter yang baik dan disiplin diri, serta memiliki kemampuan untuk mencapai kesuksesan hidup karena kecerdasan emosional mampu memotivasi diri sendiri, bertahan menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati, dan tidak melebih-lebihkan kesenangan.

    BalasHapus
  26. Nama : Alifia Leni
    Prodi : manajemen
    Contohnya ketika kita membuka bisnis atau membuka usaha pastinya akan ada pesaingnya. Ketika ada pesaing yang tidak suka dengan usaha kita karena pesaing tersebut merasa tersaingi, jadi pesaing tersebut menginginkan usaha kita agar usaha kita bangkrut dengan cara menjelek jelekan usaha kita. Jadi kewajiban kita itu tetap baik dengan orang tersebut, tidak dendam dan terus meneruskan usaha yang kita miliki

    BalasHapus
  27. Kewajiban saya sebagai mahasiswa manajemen ini berusaha aktif dalam berorganisasi terutama soft Skill yang akan diasah. Dalam hal ini, soft skill yang diasah mengenai kemampuan manajemen diri sendiri maupun orang lain. Manajemen orang lain seperti mampu bekerja sama dalam tim walau dengan latar belakang, perspektif dan opini-opini yang berbeda.

    BalasHapus
  28. Nurul Holifah (Manajemen)
    Kewajiban yang harus saya lakukan sebagai mahasiswa ialah, sebagai mahasiswa tentu harus belajar dengan sungguh-sungguh, mencari ilmu yang berguna sebanyak mungkin, dan mengaplikasikan apa yang sudah saya pelajari kepada masyarakat. selalu menaati peraturan kampus dan juga menjaga etika baik didalam maupun diluar kampus.

    BalasHapus
  29. Prodi: manajemen
    Kecerdasan emosional adalah kecerdasan yang dimiliki setiap orang dan tumbuh dalam diri orang tersebut. Penerapan kecerdasan emosional yang harus kita tumbuhkan lagi adalah sikap saling menghargai,memiliki empati dan simpati, dan budaya 3S yang sudah jarang dilakukan di lingkungan masyarakat.

    BalasHapus

  30. Yuki Intania Roshela

    Kewajiban yang harus saya lakukan sebagai seorang mahasiswa manajemen dalam rangka menjadi warga negara yang memiliki kecerdasan emosional yang baik guna menerapkan keilmuan saya di masyarakat yaitu sebagai mahasiswa manajemen saya akan berusaha memberikan pengajaran kepada masyarakat tentang rasa empati, memberikan waktu, tenaga, dan bahkan bantuan sumbangan uang kepada orang yang lebih membutuhkan.

    BalasHapus
  31. Nama : Marina Farmawati
    Prodi : Manajemen
    Kewajiban yang harus saya lakukan sebagai mahasiswa manajemen yaitu belajar dengan rajin, mencari ilmu sebanyak mungkin, mentaati peraturan kampus, dan dapat mengamalkan ilmu yang saya miliki ke masyarakat. Kewajiban saya sebagai mahasiswa di lingkungan masyarakat yaitu ikut serta dalam organisasi kemasyarakatan, dapat membuka lapangan usaha atau menggerakkan berbagai kegiatan sesuai dengan keahlian/bakat masing-masing yang nantinya akan berkembang dan dibutuhkan di dunia usaha seperti menjahit, tata rias, orang yang pintar masak yang nantinya akan membuka restoran.

    BalasHapus
  32. Dengan menjaga kerukunan antar warga dan ikut membaur bersama warga sekitar serta mengadakan sosialisasi yang bertujuan memberikan pengetahuan untuk masyarakat.

    BalasHapus
  33. Kewajiban yang harus saya lakukan sebagai mahasiswa manajemen dalam rangka menjadi warga negara yang memiliki kecerdasan emosional yang baik guna penerapan keilmuan saya dimasyarakat yaitu belajar dengan sungguh-sungguh agar menambah wawasan khususnya dalam bidang manajemen kemudian saling berbagi ilmu kepada masyarakat mengenai pentingnya manajemen dalam kehidupan dan setelahnya dapat kita terapkan dalam kehidupan bermasyarakat dengan mengedepankan prinsip saling menghargai.

    BalasHapus
  34. Nama : Oktavia Nur Annisa
    Kewajiban saya sebagai mahasiswa manajemen guna menerapkan ilmunya di masyarakat yaitu terutama dengan cara belajar dengan giat mengkuti peraturan, sopan santun dan tata krama agar bisa membangun perekonomian dalam masyarakyat, membangun lapangan pekerjaan agar mengurangi angka pengangguran bagi masyarakat, mengajarkan kepada anak anak agar bisa mengtur keuangan dengn cara menabung sejak kecil, membantu anak anak yang membutuhkan pendidikan yang lebih layak bagi anak anak yang membutuhkan pendidikan.

    BalasHapus
  35. ENDAH LESTARI
    PRODI MANAJEMEN

    Kewajiban mahasiswa dalam rangka menjadi warga negara yang memiliki nilai kecerdasan emosional baik adalah belaajr dengan tekun giat rajin ....permisalan saya menjadi tokoh penting di suatu masyarakat. Kewajiban saya ya menerapkan kedisiplinan perilaku baik yang di ajarkan selaginsaya masih di perkuliahan. Dan kewajiban saya itu mengayomi masyarakat tsb. Sebagaimana nnti pun saya bisa mendapatkan hak saya. Dengan hal2 tsb scra singkat saya bisa menggunakan kecerdasan saya untuk memanage suatu peluang atau kesempatan untuk dapat pula mengontrol sebuah emosional. Dsni yg di maksud emosional adalah keinginan pribadi atau kepentingan pribadi bukan kepentingan bersama yaitu untuk masyarakat.

    BalasHapus
  36. Yaitu menaati semua peraturan yang terdapat dalam masyarakat, bisa ikut andil dalam organisasi masyarakat, bisa ikut membantu membangun desa agar lebih maju dalam segi keuangan maupun segi kesejahteraan masyarakatnya serta bisa lebih hidup rukun dengan tetangga.
    Aprilia Agil Pristian

    BalasHapus
  37. Nama : Fitri Nur Rohmah
    Prodi :Manajemen
    Kewajiban yang harus saya lakukan sebagai seorang mahasiswa manajemen dalam rangka menjadi warga negara yang memiliki kecerdasan emosional yang baik guna penerapan keilmuan saya dimasyarakat yaitu dengan menumbuhkan rasa empati yang tinggi, menghargai antar sesama, dan bisa membangun suatu usaha yang nantinya berguna untuk masyarakat seperti kesejahteraan ekonominya, kualitas pendidikannya serta mampu membangun etika bersosialisasi yang baik antar anggota masyarakat

    BalasHapus
  38. Nama : Habib Surya Pawitra
    [30/9 20.20] auriel: Sii aku be urungan
    [30/9 20.36] auriel: Kewajiban sbg mahasiswa manajemen yaitu memanajemen waktu, karna dengan itu kita akan menjadi orang yang lebih pandai dalam manajemen waktu tanpa harus kesulitan dengan berbagai kegiatan lainnya.

    BalasHapus
  39. Nama : raafika putri pambayun
    Prodi : manajemen
    Kewajiban saya sbg mahasiswa manajemen dalam menerapkan keilmuan di masyarakat adalah menyatukan perbedaan, meningkatkan rasa empati dan simpati yang tinggi,menghargai perbedaan dan juga mampu beretika yang baik.

    BalasHapus
  40. Kewijaban yang harus saya lakukan sebagai mahasiswa manajemen dalam rangka menjadi warga negara yang memiliki kecerdasan emosional guna penerapan keilmuan di masyarakat yaitu dengan melakukan / mengaplikasikkan ilmu yang saya dapat di perguruan tinggi. Dimulai dari orang yang terdekat, seperti keluarga kemudian merambah ke ranah masyarakat. Yang pertama Saya akan membantu me- manajemen bisnis keluarga dengan metode,cara dan dengan berdasar teori yang telah saya dapat di perguruan tinggi. Yang kedua saya akan melakukan diskusi atau lebih tepatnya sharing tentang segala hal mengenai manajemen bisnis di lingkungan sekitar saya, yang notabenya banyak pengusaha dari yang besar sampai yang kecil, dengan kerendahan hati, sopan satun, saling menghargai dan toleransi belajar bersama tentang realita sebuah usaha di dunia bisnis, yang secara tidak langsung memberikan sebuah pengalaman baru untuk saya lewat cerita cerita bisnis mereka masing masing.

    BalasHapus
  41. Catur juniawan(manajemen)
    Kewajiban sebagai mahasiswa manajemen untuk masyarakat yaitu beretika baik kepada masyarakat dan saling menghormati,menjaga sopan santun terhadap masyarakat

    BalasHapus
  42. Nama : Sulasni
    Prodi : manajemen
    Kewajiban saya sebagai mahasiswa manajemen yaitu bisa menjadi mahasiswa yang kritis dan berwawasan luas, tidak mudah percaya akan adanya isu yang beredar, kritis dalam segala permasalahan yang sedang menimpa masyarakat, membantu masyarakat dalam merumuskan masalah perekonomian.

    BalasHapus
  43. Jawaban saya memunculkan ide ide,contoh membuat tempat penjualan produk² UMKM yg produk itu bisa dri mahasiswa unperba atau oknum² di sekitar lingkungan unperba,sehingga sedikit demi sedikit mampu menumbuhkan ekonomi di lingkungan unperba

    Kurnia sandi
    Manajemen

    BalasHapus
  44. Kewajiban saya sebagai seorang siswa manajemen yaitu belajar dengan tekun dan menaati peraturan. Dalam penerapan ilmu ke masyarakat kita harus mendekatkan diri melalui interaksi sosial , empatik seperti memberikan /berbagi ilmu yg bermanfaat yg telah diperoleh kepada masyarakat, simpatik contohnya apabila melihat seseorang yang terkena musibah atau kesusahan kita menolongnya,bersikap kritis pada permasalahan di lingkungan masyarakat,serta menghargai perbedaan dalam bermasyarakat.
    Oki Widi Astuti

    BalasHapus
  45. Jimmy terry wiliam
    Prodi manjemen
    Membuat manjemen yang baik dalam suatu badan negara agar menjadi lebih baik dalam kedepan
    Dan membagi ilmu ke masyrakat luas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian & Identitas Nasional

PANCASILA DALAM ARUS SEJARAH BANGSA INDONESIA

KONSEPSI DASAR BELA NEGARA & IMPLEMENTASINYA