Selamat datang di Dunia (Cerita untuk Anakku bagian 5)

Anakku..
Usiamu sudah memasuki angka 1 Bulan,,Bapak baru sempat menulis lagi,,dr kemarin Bapak asyik menikmati hari-hari merawat kamu bersama Ibumu,,juga harus bekerja untuk kebutuhan rumah yang semakin Banyak karena ada kamu,,tapi Alhamdulillah nak,,dengan hadirnya kamu rejeki Bapak bertambah..

Anakku..
Bapak mau cerita setelah beberapa saat bapak menulis 1bulan yang lalu, sambil menanti kelahiranmu.. Tanggal 13 September 2014, pukul 23.00 Ibumu dibawa ke ruang bersalin oleh Ibu Bidan karena kontraksi kamu sudah semakin sering,,setiap 3-5 menit perut Ibu Kamu terasa kencang selama 30-45 detik.. Lama sekali rasanya menanti kelahiran kamu, Bapak sampe tidur di tempat tidur bersalin disebelah Tempat tidur Ibumu, dan dua Ibu bidan tidur disebelah Ibumu..

Itu Foto Ibu di ruang bersalin Nak,,Ibumu luar biasa tenangnya,,sehingga Bapak pun sangat tenang menemani Ibumu menjalani proses persalinan,,tidak seperti siang harinya pada saat Ibumu bilang ke Bapak kalau sudah nge Flek,,waduuhhh,,bapak groginya minta ampun.. Lucu deh,,siang itu kan sebenernya kita Mau Berenang,,Bapak udah siap-siap masukin Tas ke mobil,,fikir Bapak ini olah raga supaya Ibu Kamu lebih sehat pada saat nanti menjalani proses kelahiran,,karena prediksi dokter Kamu lahir di akhir bulan September..
Tiba-tiba Ibu Kamu panggil-panggil Bapak dari kamar,,terus bilang "Pak kayanya aku udah ngeFlek deh,,tadi mau pipis d CD ada nodanya" trus Bapak lihat,,iya benar Nodanya masih menempel d CD Ibu kamu,,itu rasanya Nak badan Bapak gemeter dari kaki sampe kepala,,bingung tapi sok tenang,,hahaha.. Trus Bapak bilang ke Ibu "Aku mandi dulu ya Bu".. eh abis Mandi jadi laper,,trus Bapak makan dulu,,lauknya mendoan,,mau motong mendoan aja ga bisa,,rasanya tangannya lemes,,hahaha,,lucu banget deh.. Setelah itu Kita langsung ke Klinik Bersalin untuk mengontrol Bukaannya,,dan saat itu juga Ibumu sudah mulai mondok d Klinik,,karena Ibumu sudah dalam proses persalinan.. Saat itu pukul 13.30 WIB..

Kembali lagi cerita di ruang bersalin,,Tanggal 14 September 2014 Pukul 02.30 WIB Ibumu bilang ke Bu Bidan kalau seperti ada yang mengalir dari jalan Lahir Kamu,,setelah d cek ternyata ketuban pecah,,Bapak langsung ingat sebelum kelahiranmu Bapak sempat melihat Video proses kelahiran,,bahwa apabila ketuban sudah pecah maka tidak lama Kamu akan lahir,,karena posisi Kamu sudah semakin turun ke Panggul Ibumu dan memecah katup Air Ketuban..Ibumu sudah dalam posisi bukaan 3 kata Ibu Bidan.. Segera Bapak ke kamar pasien untuk Shalat Tahajud minta ke Alloh kalau proses kelahiranmu jangan terlalu lama,,Ibumu bisa selalu tenang dan tidak terlalu merasakan sakit,,dan Kamu pun bisa bekerja sama dengan baik dengan Ibumu supaya mudah mencari jalan lahirnya..
Di kamar itu ada Eyang Putri,,Tante Dina dan Om Rio yang setia menunggu kelahiranmu,,selesai Shalat,,Bapak bilang ke Eyang kalau Ibumu sudah pecah ketuban dan Bapak kembali Lagi ke ruang bersalin.. Adzan Subuh tiba-tiba berkumandang,,waktu menunjukan pukul 04.30 WIB,,Ibumu cuma bilang ke Bapak kalau dia sudah semakin sering mules-mules,,dan setelah dicek ternyata sudah bukaan 7.. Bapak kembali lagi ke kamar pasien untuk Shalat Subuh,,berjamaah dengan Eyang Putri dan semakin memohon ke Alloh untuk segera dipertemukan dengan Kamu dengan keadaan Normal,,sehat,,lengkap dan Ibu Kamu juga sehat..
Pukul 05.00 WIB Bapak kembali ke ruang bersalin bersama Eyang Putri yang ikut mengantar,,tapi tampaknya Eyang Putri sama sekali tidak khawatir dengan keadaan Ibumu,,karena Ibumu sangat tenang,,selalu senyum dan Bidan juga bilang kalau Ibumu luar biasa tahan sakit,,dan Eyang pun percaya kalo Bapak berani menunggui Ibumu dalam proses kelahiranmu.. Eyang menunggu di luar setelah Bidan menyatakan sudah bukaan 9..
Bapak Bahagia sekali mendengarnya,,sebentar lagi kamu hadir di Dunia.. Salah satu dari Ibu bidan yang ada lalu menelpon Dokter Adi yang akan membantu proses kelahiranmu,,nah saat itu baru bapak dengar rintihan dari Ibumu,,itupun hanya sebatas meringis dengan menarik nafas dari mulut,,sehingga terdengar suara "ssshhhh",,dan Ibumu bilang "Mba Bidan mulesnya udah ga tahan,,udah kaya kepengen PUP".. Ibu Bidannya pun hanya bilang "Sebentar Ibu,,tarik nafas panjang,,jangan dipake dulu tenaganya sambil nunggu Dokter sebentar lagi datang"..
Pukul 06.00 Dokter Adi datang,,langsung melihat jalan lahir Ibu Kamu dan ternyata kepala Kamu sudah terlihat Nak,,Bapakpun melihat rambut Kamu.. Dokter langsung Bilang "ok sudah bagus sekali posisinya,,siap-siap ngejan ya Bu,,ya sekarang ngejan!!",,Sambil meremas baju Bapak Ibumu ngejan yang pertama dan Kepala kamu keluar sampai batas Alis mata,,ngejan yang kedua Bapak sudah bisa melihat seluruh mukamu,,dan Ngejan Ibumu yg ketiga,,keluarlah seluruh Tubuh Kamu tepat pada pukul 06.05 WIB,,langsung Dokter menaruhmu di atas perut Ibu Kamu,,disitulah terdengar rengekan kecil darimu,,suara Kamu yang pertama,,Ibu dan Bapak berpandangan dengan rasa sangat Bahagia sampai tidak bisa lagi menangis,,rasanya Ini adalah hal paling membahagiakan selama hidup Bapak dan Ibumu..
Tidak lama setelah itu Kamu diambil Bu Bidan untuk dibersihkan,,dan disitulah tangisanmu yang sangat kencang terdengar,,sehingga semua orang diluar ruangan yang menunggu mendengar suaramu.. Eyang Putri,,Tante Dina,,Om Rio,,dan ternyata sudah ada juga Eyang Sri dan Eyang Buyut Tri,,semua langsung mengintip untuk melihat wajahmu Nak,,dan semua Bahagia..

Itu Fotomu setelah Kamu dibersihkan oleh Ibu Bidan nak,,Gantengnya Anak Bapak Ibu,,dan coba lihat mirip siapa ya?? Waktu Kamu baru lahir,,Bapak langsung bisa menebak kalau kamu mirip Ibumu dan Almarhum Eyang Kakung Rofiudin,,dan memang banyak yang bilang seperti itu,,termasuk Eyang Putri yang mengintip di jendela,,waahh mulutnya Refi sekali,,hehehe.. Tapi matanya sipit kaya Bapak Kecil,,dan kulit putihnya yang jelas bukan kaya Bapak,,hahahaha.. Yang jelas,,mau mirip siapapun yang penting kamu harus jadi anak yang Soleh,,Berbakti kepada Orang Tua,, dan Bisa membahagiakan Orang banyak..

Anakku..
Dalam kehidupan sebelum Bapak Ibu memutuskan untuk menikah,,tidak pernah terbayangkan bagaimana Kami menjalani hidup setelah pernikahan,,dan akan seperti apa keturunan Kami,,Tapi begitu Kami memutuskan untuk menikah dan apalagi Kamu sudah hadir diantara kita,,Ini yang Bapak katakan Cinta.. Tidak peduli siapa aku dan kamu,,tapi sekarang Kami sebagai Orang Tua dan Kita sebagai keluarga harus bisa saling dukung,,saling membahagiakan,,saling menyayangi,, saling mencintai,,dan satu Visi dalam meraih cita-cita Hidup bersama selamanya.. Aamiin..

Itu foto-foto sesaat setelah kamu lahir Nak,,Eyang Putri yang sangat Bahagia melihat cucu ke-5 nya,,Bapak yang baru pertama kali menggendong kamu,,dan Kamu yang baru di pindah ke kamar pasien bareng Ibumu,,Bahagiaaa... 2 hari di Klinik Bersalin,,kamu sudah boleh pulang,,karena Kamu dan Ibumu dinyatakan sehat.. Alhamdulillah,,home sweet home sayang..
Sesampainya dirumah kita sering main-main bareng sayang,,kamu kalo di Bedong ga betah,,minta dicopot,,sampe tangan kamu keluar sendiri,,baru usia brapa hari tapi Kamu sudah kuat nak,,Alhamdulillah ASI Ibu Kamu juga kenceng.. Bapak sama Ibu bahagia banget setelah Kamu sampai ke rumah,,ga kepingin pisah sama Kamu Nak,,apalagi pas Bapak sudah mulai ngantor,,waduuhh bawaannya kepingin pulang mulu,,ketemu Kamu..
Tu liat juga foto-foto dimana Kita main-main bareng di kamar,,banyak banget foto Kita sayang,,tante Dina juga tiap hari fotoin kamu,,Dia sampai dirumah mulu ga mau pergi dan ikut bantuin Bapak Ibu dan Eyang Putri ngrawat Kamu..


Bapak juga mau crita sayang kejadian beberapa hari setelah Kamu pulang ke rumah,,usia 4 hari,,kamu nangis terus tiap malam,,sampai Bapak Ibu Khawatir,,padahal ASI kamu kenceng,,buang air juga lancar.. Untung ada Eyang yang selama 1 minggu nginep di rumah kita,,Eyang langsung memutuskan Kamu harus dibawa ke dokter,,dan ternyata ada Infeksi kecil d tali pusar mu yang belum putus atau puput kata orang jawa,,Infeksi itu disebabkan kamu menggunakan popok kain dan gurita yang menutupi tali pusarmu,,nah pada saat kamu pipis,,air pipis itu merembas ke tali pusarmu,,jadi dokter tidak menyarankan menggunakan gurita,,dan tali pusarmu tidak boleh ditutup apapun,,Alhamdulillah Kamu langsung anteng ga rewel lagi..
Untuk merawat Bayi baru lahir,,termasuk kamu seharusnya setiap pagi harus dijemur dibawah sinar matahari pagi sebelum pukul 08.30 WIB,,tapi selama beberapa hari kamu dirumah,,kamu baru Bapak Ibu jemur 2 kali,,karena pada saat itu Gunung Slamet meletus,,banyak abu vulkanik yang terbawa hingga rumah Kita,,makannya Bapak Ibu ga brani jemur kamu,,dan walaupun ASI kamu kencang,,tetapi mungkin kualitas ASI nya belum sempurna karena baru beberapa hari diproses dan Ibumu juga masih dalam kondisi belum 100% pulih,,sehingga mengakibatkan Kamu agak sedikit Kuning Nak,,setelah kita kembali ke Dokter,,dokter menyarankan Kamu dicek darah,,apabila Bilirubin dibawah 12,,cukup menggunakan obat,,tapi jika diatas 12,,Kamu harus disinar,,dan ternyata hasil darah menunjukan Bilirubin kamu 15,6.. Dokter langsung merujuk Kamu ke RSU Banyumas karena disana yang terdapat alat sinar baru yang hanya 6 Jam waktunya,,alat yang lama bisa sampai 24 Jam.. Alhamdulillah kamu dimudahkan dengan Teknologi yang baru Nak,,kata Eyang dulu Bapak kecil juga disinar bahkan lebih dari 24 Jam..

Itu alat canggih yang digunakan untuk menyinarimu Nak,,Kamu pinter,,Ibumu didalam juga sangat Ikhlas,,makannya kamu anteng,,setiap 3 Jam Ibu kamu kasih hasil peras ASI untuk diminumkan kepadamu.. Bapak ga boleh masuk Nak,,yang didalam cuma Ibumu dan para perawat,,hari itu ada 23 Bayi yang disinar dengan berbagai macam keluhan,,dan Alhamdulillah kamu mendapat alat yg paling canggih,,ini cuma 1 lho d Kabupaten Banyumas,,hehehe.. Kamu mulai disinar pada pukul 15.30 WIB dan diperkirakan selesai pukul 21.30 WIB,,Bapak tenang menunggu diluar bersama Eyang Putri,,Tante Dina dan Om Rio..
Ibumu sekali waktu keluar untuk menemui Bapak,,dia crita Ibu-ibu lain yang menunggui anaknya banyak yang nangis karena tidak tega anaknya disinar,,bahkan ada yang sampai ASInya tidak keluar karena saking stress nya,,padahal Bapak Ibu berpersepsi bahwa kamu masuk alat ini bukan karena kamu sakit,,tapi ada sebagian organ tubuh kamu yang belum berfungsi sempurna,,dan harus disempurnakan dengan dijemur sinar Matahari,,tetapi itu tidak Bapak Ibu lakukan karena cuaca yang kurang mendukung,,jadi digantikan dengan sinar dari alat canggih ini.. Kami yakin sekali setelah selesai ini semua akan lebih baik..

Memang Kamu masuk kedalam alat ini dengan kondisi telanjang hanya menggunakan diapers,,kemudian mata ditutup rapat,,dan ASI kamu masuk melalui hidung dengan menggunakan "sonde" (alat medis untuk memasukan cairan makanan melalui hidung).. Ok untuk Ibu yang tidak tega dengan kondisi ini memang terlihat sungguh kejam,,tapi akibatnya si Anak juga ikut rewel,,terbukti dengan Ibumu yang tenang,,Bapak juga diluar tidak putus doa,,kamu anteng Nak,,sesekali menangis mungkin karena kamu buang air kecil atau PUP,,wajar lah dengan kondisi didalam alat yang cukup sumpek dan sinar dari segala arah..

Alhamdulillah,,pukul 22.00 WIB,,Ibumu ngabari Bapak kalau kamu sudah selesai disinar,,dan hasilnya Bilirubin kamu sudah turun sangat baik yaitu 6,5.. Bapak bersyukur sekali,,tapi kamu tetap harus nginep karena harus menunggu dokter visit besok paginya pukul 06.00 dan menyelesaikan administrasi.. Bapak tidur deh di teras rumah sakit beralaskan tikar,,Eyang Putri dan Tante Dina Bapak suruh pulang karena kasian tidur di tikar.. ternyata Ibumu didalam juga tidur umpek-umpekan nak bersama Ibu-ibu yang lain,,karena di ruang "PERINATOLOGI" ini sebenernya diperuntukkan untuk Bayi,,jadi orang tua ya seadanya aja tempatnya,,hehe.. Yang penting kamu sudah normal kembali,,dan kami yakin kondisi fisik beserta organ-organ tubuh Kamu akan berfungsi semakin sempurna disetiap harinya..
Kita pulang lagi Nak,,dirumah sangat nyaman,,Alhamdulillah Bapak Ibu dan Kamu bisa tidur di kasur yang Empuk lagi,,hahahaha.. Terbukti sayang,,setelah kamu disinar kondisi Kamu semakin hari semakin baik,,dan Alhamdulillah Alloh sudah kasih sinar matahari pagi lagi dengan tanpa debu vulkanik dari Gunung Slamet,,dan Kamu bisa jemur-jemur deh tiap pagi.. Bahagianya ya sayang,,ternyata Alloh kasih perasaan kepada manusia itu manfaatnya sangat besar,,salah satunya ya pada waktu kemarin kamu disinar,,dengan perasaan Ibumu dan Bapak yang tenang dan Positif Thinking,,Maka hasilnya berimbas dengan Kamu yang tenang juga,,ini menurut Bapak adalah Mukjizat Alloh untuk sebuah keluarga yang saling dukung,,walaupun hanya melalui hati,,pikiran,,perasaan,,dan Doa.. Subhanalloh..

Tu foto Kamu lagi berjemur sayang,,udah mirip siapa coba?? hehe.. itu usia kamu sekitar 1 minggu lebih.. Pipinya sudah lebih berisi kan sayang,,hahahaha... diusia ini Alhamdulillah Tali pusar kamu sudah Puput atau putus,,dan sempurnalah sudah fisik kamu sayang,,semua anggota tubuh lengkap dan normal.. Diminggu inilah Bapak merilis nama Kamu sayang,,yang sebenernya sudah Bapak siapkan sejak lama si,,dua nama untuk Laki-laki dan Perempuan,,dan Alhamdulillah sesuai doa Bapak selama Ibumu hamil,,Bapak minta ke Alloh kalo bisa anak pertama Bapak Laki-laki,,dan itu terkabul dengan lahirnya kamu di Dunia..
R. Prabhu Ihatra Altria Noor,,itu namamu Nak.. Satu-satu Bapak jabarkan artinya ya..
R          : Gelar turun temurun dari Eyang Kakung
Prabhu : Pemimpin
Ihatra   : di Dunia ini
Altria   : singkatan Alfia Satria (mewakili keluarga atau 
               lingkungan)
Noor    : Cahaya (terang)

Harapan Kami sebagai Orang Tua,,Kamu sebagai Anak Laki-laki harus bisa menjadi Pemimpin di Dunia ini yang bisa menuntun Keluarga dan Lingkungannya menuju Jalan yang Terang,,seperti Teladan Rasululloh Muhammad SAW,,Aamiin Aamiin ya Robbal 'Alamiin.. Sekarang Bapak Ibu memanggilmu dengan Prabhu,,Mas Prabhu yang akan selalu menjadi kebanggaan Keluarga,,Anak Soleh,,Bahagia selalu dan Selalu Bisa membahagiakan orang Lain.. Tapi ada rahasia lain dibalik nama Kamu Mas,,Coba kita teliti bareng-bareng ya,,hehe..

Inisial atau singkatan dari nama Kamu adalah "PIANo",,Bapak kepingin kamu bisa main alat musik Piano dan alat musik lainnya dengan baik Mas,,syukur-syukur kamu bisa jadi Pianis dunia,,Aamiin.. Alasan kenapa Bapak kepingin kamu bisa main Piano dengan baik adalah,,yang pertama Musik itu menyenangkan dan menenangkan.. Kedua bermain alat musik terutama Piano itu bisa memaksimalkan kerja otak kanan dan kiri dengan baik.. Ketiga bermain musik adalah berseni,,orang yang memiliki jiwa seni yang baik akan bekerja dengan intuisi yang tinggi,,intuisi itu tidak hanya dipengaruhi oleh otak tapi oleh perasaan,,maka orang seni tidak hanya logis tetapi juga berjiwa sosial yang tinggi.. Keempat,,bermain Piano dan bermusik biasanya sambil menyanyi dan menjadikan suaranya merdu,,jadinya nanti Mas Prabhu juga bisa Baca Al-Quran dengan Merdu.. Kelima,,Bapak Ibu kepingin dinyanyiin lagu-lagu yang indah oleh Mas Prabhu,,syukur-syukur itu ciptaan Mas Prabhu.. Keenam,,Bakat seni itu bisa dijadikan sumber rejeki,,minimalnya dengan kita bikin orang senang dengan kebisaan kita apalagi mengajarkan kebisaan kita,,maka itu akan dicatat sebagai Ilmu yang Bermanfaat.. Alasan yang terakhir adalah,,karena Bapak ga kesampaian jadi Musisi,,hehehe...
Bapak tidak mengharuskan kamu jadi Musisi,,hanya Bapak kepingin yang terbaik untuk perkembangan Anak Bapak,,Bapak sebagai Orang Tua tidak akan memberi pelajaran yang Buruk kepadamu,,ini juga sebagai semangat Bapak untuk mencari nafkah Hallal yang lebih baik lagi,,supaya Bapak bisa memberikan fasilitas kepada Kamu dan Ibumu dengan baik,,alat-alat musik itu mahal dan bukan kebutuhan pokok,,maka Bapak berpersepsi apabila Bapak bisa membelikanmu alat-alat musik dan fasilitas pendukung lainnya,,maka Bapak juga sudah mencukupi kebutuhan pokok rumah tangga dan kebutuhan Ibumu dengan Baik,,terutama Bapak sudah bisa Bersedekah dengan Baik kepada orang-orang yang membutuhkan dan Rejeki Bapak sudah digunakan sebagai sarana Beribadah yang Baik..

Anakku..
Lihat foto-foto dibawah,,itu foto pada saat usia kamu 2 minggu,,Kita ga pernah kehilangan moment lho Mas,,dari Ibumu Hamil sampai saat ini,,Alhamdulillah sudah Banyak moment yang tertangkap dengan baik.. Ini semua Kami gunakan sebagai pengingat bagaimana Kita membangun Rumah tangga dengan Baik,,dan tidak ada yang bisa memisahkan Kita kecuali kehendak Alloh SWT,,Aamiin..


Hmmmmhh,,wangi Bayi itu enak sekali nak,,Bau surga kayanya kaya gini lhooo,,hehehe.. Dari hari ke hari kamu bertumbuh dengan Baik Nak,,semakin tidak mengkhawatirkan,,semakin banyak pelajaran kepada Kami sebagai Orang Tua untuk merawat kamu,,dan semakin mengingatkan bagaimana perjuangan Orang Tua kita dulu merawat kita,,berjuang memberi yang terbaik kepada Anaknya,,tidak pernah sedikitpun terfikir keburukan akan Anaknya,,hanya penyesalan Kami sebagai Orang Tua apabila tidak bisa memberi yang terbaik..






 3 Foto diatas itu 1 minggu sebelum Kamu lahir Nak,,atau usia kehamilan Ibumu yang ke 37 minggu..
Bahagia sekali akan penantian kehadiranmu..
Bapak suka sekali Tim Sepak Bola Italia asal kota Firenze Nak,,yaitu Fiorentina,,keren kan Ungunya,,hehe.. Nanti Bapak ceritakan apa itu Fiorentina dan keindahan kota Firenze dari yang Bapak Baca,,mudah-mudahan Kita bisa berlibur kesana ya Nak setelah Kita Umroh sekeluarga,,Aamiin..

2 Foto diatas itu saat usia kandungan Ibu kamu 35-36 Minggu,,Kita belanja keperluan Kamu bareng Nak,,seneng banget rasanya Kami,,dan udah ga sabar kepingin menimang Kamu.. Sekarang Kamu sudah banyak bisanya Nak,,Minum ASI kamu bertambah porsinya,,pipi kamu bertambah gembilnya,,Kalo tidur tengkurap lebih tenang daripada tidur terlentang.. Kamu juga sudah sering senyum dan tertawa kepada Kami,,sungguh anugrah yang sangat Kami syukuri Nak.. Liat saja foto-foto dibawah Nak,,ini semua hasil foto Tante Dina dan Om Rio..

 Welcome to the World Baby Boy,,Terbanglah tinggi dengan Impianmu,,Bapak Ibu akan selalu mendukung dan mendoakan yang terbaik untukmu,,Alloh akan selalu menuntunmu,,dan Jangan pernah lupa untuk selalu beribadah yang baik dan berbagi yang terbaik untuk sesama..




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian & Identitas Nasional

PANCASILA DALAM ARUS SEJARAH BANGSA INDONESIA

KONSEPSI DASAR BELA NEGARA & IMPLEMENTASINYA